Bandung, BERITA UIN – Gelaran Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia di UIN Bandung memasuki hari keempat, Kamis (11/8/2022). Kontingen UIN Jakarta berhasil mengantongi lima keping medali dalam perolehan medali sementara Pesona I 2022.

Musabaqah Tilawatil Qur’an.

UIN Jakarta masuk lima besar dalam perolehan medali sementara pada perhelatan Pesona I. Jumlah medali yang diperoleh sebanyak lima keping, terdiri atas dua emas dan tiga perak.

Satu emas pertama di antaranya didulang dari cabang seni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra atas nama Haikal Khalilullah. Kemudian satu emas kedua disumbang dari cabang olahraga Karate (Seni/Kata) Tunggal Putra atas nama Muhammad Raihan Wibisono.

Sementara untuk satu perak pertama diperoleh dari kejuaraan MTQ Putri atas nama Lili Rahmah, satu petak kedua diperoleh dari Panjat Tebing atas nama Yolanda, serta satu perak ketiga diperoleh dari Catur Kilat Beregu Putra atas nama Ahmad Shofie Ashfiya, Budi Harianto, dan Syawal Udin.

Kejuaraan Panjat Tebing.

Dalam data perolehan medali sementara yang dirilis Panitia Pesona I pada Kamis (11/8) malam, UIN Jakarta berada di urutan keempat setelah UIN Surabaya dengan tiga emas, dua perak, dan satu perunggu. Sementara UIN Palembang masih menempati urutan teratas dengan perolehan medali sebanyak enam emas dan satu perunggu.

UIN Bandung berada di posisi kedua dengan empat emas, tiga perak, dan 5 perunggu, sedangkan di urutan kelima ditempati UIN Yogyakarta dengan dua emas, dua perak, dan satu perunggu.

Hingga berita ini diturunkan, UIN Jakarta masih memiliki kesempatan untuk meraih lebih banyak medali. Setidaknya ada emat cabang seni yang pada Jumat (12/8/2022) besok masih bertanding, yakni Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 10 Juz Putra, Puitisasi Terjemah al-Qur’an, dan  Musikalisasi Hadis.

“Kita doakan terus semoga kontingen UIN Jakarta memperoleh lagi medali emas,” kata Koordinator/Kepala Bagian Kemahasiswaan Ikhwan.

Pesona I PTKN digelar pada 8-13 Agustus 2022 dengan mempertandingkan sebanyak 22 cabang, terdiri atas 12 cabang seni dan 10 cabang olahraga. Namun, UIN Jakarta hanya mengikuti sebanyak sembilan cabang seni dan 10 cabang olahraga.

Pesona I diikuti oleh 62 PTKN se-Indonesia, terdiri atas 24 UIN, 29 IAIN, 5 STAIN, serta 4 PTKN lain, yakni UHN I Gusti Bagus (IGB) Sugriwa Bali, IAKN Kupang, STAKN Pontianak, dan STABN Sriwijaya Tangerang. (ns)

Share This