Gedung Student Center, BERITA UIN Online – Sebanyak 67 pelajar SMA Islam Al-Azhar 22 Cikarang, Bekasi, berkunjung ke UIN Jakarta, Selasa (25/1/2022). Kunjungan pelajar kelas 12 IPA dan IPS itu bertujuan guna mendapatkan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru masuk UIN Jakarta.

Para pelajar yang didampingi 12 guru dan kepala sekolah itu diterima di Aula Gedung Student Center oleh Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (Biro AAKK) Jaenuddin. Juga tampak hadir tim presentasi dari Humas UIN Jakarta.

“Selain untuk bersilaturahmi, kami juga ingin mengetahui lebih dekat mengenai UIN Jakarta, khususnya dalam proses penerimaan mahasiswa baru,” kata Kepala SMA Al-Azhar, Rizal Pahlefi.

SMA Al-Azhar 22 terletak di kawasan Jababeka Education Park Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Sekolah ini mulai beroperasi sejak 2021 dan merupakan salah satu sekolah berbasis manajemen terbaik di Indonesia.

“Perguruan Al-Azhar di Cikarang tidak hanya membuka sekolah setingkat SMA tapi juga KB/TK, SD, dan SMP,” terangnya.

Rizal menambahkan, sejauh ini ada beberapa alumni Al-Azhar 22 yang diterima di UIN Jakarta. Karena itu, ia berharap tahun ini lebih banyak lagi lulusan sekolahnya yang akan diterima.

Kepala Biro AAKK Jaenudin dalam sambutannya mengatakan, UIN Jakarta merupakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Agama. Perguruan tinggi ini juga dinamakan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri atau PTKIN.

UIN Jakarta juga merupakan perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia yang terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jumlah fakultasnya ada 12 dengan 56 program studi S1 bidang keagamaan dan umum.

Menurut Jaenudin, masuk UIN Jakarta dapat ditempuh melalui enam jalur seleksi, yakni SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN Barat, dan Ujian Mandiri. Dari enam jalur seleksi itu, dua di antaranya, yakni SPAN-PTKIN dan SNMPTN, merupakan sistem seleksi berdasarkan prestasi rapot siswa di sekolah.

“SPAN-PTKIN untuk program studi bidang keagamaan dan SNMPTN untuk bidang studi umum,” ujarnya.

Pendaftaran jalur SPAN-PTKIN dimulai pada 4-31 Maret 2022 dan SBMPTN pada 23 Maret-15 April 2022. Sedangkan UM-PTKIN pendaftarannya dimulai pada 25 April – 4 Juni 2022.

“Untuk SMM PTN Barat dan Ujian Mandiri jadwalnya masih dalam proses,” kata Jaenudin.

Taufan Maulana dari Humas menambahkan, biaya kuliah di UIN Jakarta menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) level 1-7. Tidak ada biaya lain selain yang tertera pada tabel UKT.

“Cukup bayar sesuai perolehan UKT-nya setiap semester sampai selesai,” ucapnya. (ns)

Foto: Hermanudin

Share This