Ruang Diorama, BERITA UIN –  Pusat Pengkajian dan Pengembangan Jaminan Produk Halal (P3JPH) UIN Jakarta menekan perjanjian kerja sama dengan Bank Indonesia di Ruang Diorama, Kamis (5/8/2022). Naskah penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dan Direktur  Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI, Ita Rulina.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kelembagaan Lily Surayya Eka Putri, Ketua Yayasan Shaliza Ana Mariana, dan Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Melalui kerja sama tersebut, BI secara langsung akan membantu dan memberi pembinaan kepada masyarakat yang ingin membangun usaha yang bersinergi dengan kampus melalui P3JPH.

“Melalui kegiatan ini, kampus berperan dalam pembangunan nasional serta pengentasan kemiskinan,” kata Amany.

Ita Rulina dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada UIN Jakarta serta Yayasan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) Shaliza. Ita menuturkan, Indonesia merupakan negara kaya dan berpotensi besar. Karena itu ia berharap potensi tersebut diikuti pula dengan perkembangan ekonomi yang melaju pesat.

Ita mengaku pihaknya saat ini tengah mengupayakan untuk mempercepat tercapainya sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM. Pemerintah setidaknya menargetkan ada sekira 10 juta UMKM  telah bersertifikat halal.

“Indonesia berpenduduk besar dan masyarakatnya juga lebih banyak yang belanja. Hal itu tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang berdagang,” tutur Ita.

Ketua Yayasan Shaliza Ana Mariana juga menyampaikan terima kasih kepada BI yang telah banyak memfasilitasi bantuan berupa barang modal bagi para pelaku UMKM melalui program-program sosialnya. BI, lanjutnya, tak hanya memfasilitasi modal, tapi juga mengadakan program pelatihan sertifikasi halal bagi para pelaku usaha.

“Semoga kolaborasi antara BI dan berbagai instansi ini dapat mendorong kemajuan bagi para pelaku UMKM,” pungkas Ana. (ns/haya nadhira)

Share This