Jalur SPAN-PTKIN Resmi Diluncurkan, Peminat Diminta Persiapkan Diri

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— Kementerian Agama RI (Kemenag) melalui Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) resmi meluncurkan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional atau SPAN PTKIN. Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA mempersilahkan para siswa peminat untuk mempelajari dan menyiapkan diri di jalur seleksi ini.

“Kemenag RI melalui panitia nasional penerimaan mahasiswa baru telah resmi membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023 melalui SPAN PTKIN. Calon mahasiswa peminat bisa mempelajari persyaratannya sekaligus mempersiapkan diri,” ujarnya.

Dalam rilis panitia nasional yang diterima BERITA UIN Online, Sabtu (21/1/2023), terdapat sejumlah persyaratan yang harus diperhatikan pendaftar jalur SPAN PTKIN. Diantaranya, peserta merupakan siswa kelas XII, baik dari Madrasah Aliyah, Madrasah Aliyah Keagamaan, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Pesantren Mu’adalah, Pendidikan Diniyah Formal, atau Pendidikan Kesetaraan Pondok Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2023.

Selanjutnya, pendaftar memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing perguruan tinggi, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan berasal dari sekolah yang memiliki NPSN. Lalu, pendaftar juga memiliki nilai rapor kelas XI/1, Kelas XI/2, dan kelas XII/I yang telah diisikan dalam PDSS.

Pendaftar jalur seleksi berbasis nilai akademik, siswa dapat memilih dua Perguruan Tinggi yang diminati dan dua Program Studi yang diminati pada masiing-masing Perguruan tinggi yang dipilih. Urutan pilihan Perguruan Tinggi dan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.

Peminat jalur ini bisa mengakses langsung informasinya di laman resmi jalur seleksi yaitu https://span.ptkin.ac.id. Pada laman ini, peminat bisa mempelajari informasi seleksi seperti persyaratan, tahapan dan jadwal pendaftaran, perguruan tinggi dan program studi yang ditawarkan.

Tahapan seleksi pada jalur SPAN PTKIN sendiri diawali dengan pendaftaran sekolah, madrasah, atau pondok pesantren asal pendaftar sepanjang 17 Januari-13 Februari 2023. Tahapan selanjutnya, pendaftaran siswa sepanjang 16 Februari sampai 4 Maret 2023. Sedang hasil seleksi bakal diumumkan pada 3 April 2023.

Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id dan tidak dikenakan biaya. Pihak sekolah dan siswa dapat mengikuti perkembangan informasi melalui laman resmi maupun media sosial panitia dengan akun @span_umptkin (instagram, youtube, tiktok, facebook, dan twitter).

UIN Jakarta sendiri menjadikan jalur SPAN-PTKIN sebagai salah satu jalur seleksi penerimaan masuk calon mahasiswa. Sejumlah fakultas dan program studi ditawarkan melalui jalur seleksi ini.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menawarkan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), meliputi Program Stud Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, dan Tarjamah. Fakultas Ushuluddin (FU), meliputi Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Akidah dan Filsafat Islam, Studi Agama-Agama, dan Ilmu tadawuf.

Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) meliputi Hukum Keluarga, Perbandingan Mazhab, Hukum Tata Negara, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) meliputi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Manajemen Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat Islam.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meliputi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah. Lalu, Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) meliputi Dirasat Islamiyah. (zm)

Related Posts