Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Menindaklanjuti hasil nota kesepahaman bersama (MoU), pimpinan Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM) mengunjungi kampus UIN Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, IIUM di antaranya menawarkan diadakannya kerja sama baru untuk bidang pengembangan akademik dan riset.

“Ada banyak tawaran kerja sama, misalnya program gelar ganda, pertukaran mahasiswa, dan dosen, khususnya untuk program S2 dan S3,” kata Dekan Centre for Postgraduate Studies (CPS) IIUM yang juga pemimpin rombongan, Ida Madieha Abdul Ghani Azmi, di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat, Rabu (23/6/2022).

Menurut dia, IIUM sudah lama menjalin kerja sama dengan UIN Jakarta dalam pengembangan akademik, riset, dan konferensi. Namun, kerja sama tersebut masih harus diperkuat dan lebih ditingkatkan lagi, sehingga dapat terjalin hubungan yang lebih era antara IIUM dan UIN Jakarta.

“Kerja sama yang lama sudah berjalan cukup baik. Namun, kami ingin kembali memperkuat dan memperluas kerja sama kedua lembaga tersebut, terutama pasca pandemik Covid-19 ini,” ucapnya.

IIUM merupakan salah satu kampus ternama di Malaysia yang didirikan sejak 1983 oleh Kerajaan Malaysia. Lokasi kampus berada di Kuala Lumpur dan saat ini memiliki 14 fakultas, termasuk pascasarjana.

UIN Jakarta sendiri memiliki sejumlah lulusan IIUM yang mengambil gelar doktor. Mereka tersebar di beberapa fakultas dan Sekolah Pascasarjana.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kelembagaan Lily Surayya Eka Putri mengatakan, UIN Jakarta sangat berterima kasih kepada IIUM yang kembali akan memperkuat kerja sama untuk pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Kerja sama dengan IIUM di antaranya akan difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia serta pelaksanaan program pertukaran mahasiswa dan dosen.

“Kerja sama juga akan dilakukan untuk pengembangan riset bersama serta seminar-seminar lainnya,” katanya.

Secara teknis, jelas Lily, kerja sama akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) baru dengan fakultas dan Sekolah Pascasarjana.

Dalam kunjungan yang berlangsung sekira dua jam tersebut, Ida Madieha didampingi Wakil Dekan Azlina Daud, Wakil Direktur Kerja Sama Internasional Sonny Zulhuda, dan Wakil Direktur Hubungan Alumni Siti Aisyah Ibrahim.

Sementara dari UIN Jakarta di antaranya hadir Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ali Munhanif, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Saiful Umam, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Nashrul Hakiem, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jajang Jahroni, Direktur Pusat Layanan Kerja Sama Internasional Dadi Darmadi, dan Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama. (ns)

Foto: Hermanudin (Humas UIN Jakarta)

Share This