UIN Jakarta Terus Tingkatkan Layanan Informasi Publik

UIN Jakarta Terus Tingkatkan Layanan Informasi Publik

Gedung NICT, BERITA UIN Online – Seiring dengan kampanye Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang digulirkan pemerintah, UIN Jakarta sebagai salah satu instansi pemerintah kini mulai siap memberikan informasi layanan publiknya kepada masyarakat. Layanan Informasi Publik (LIP) UIN Jakarta diberikan dalam rangka untuk menjaga akuntabilitas, transparansi, dan responstabilitas lembaga publik.

Rektor UIN Jakarta Amany Lubis menyambut positif dikembangkannya LIP UIN Jakarta yang dikelola Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Tim tersebut saat ini terus memperbaiki sistem serta konten LIP agar informasi yang diberikan kepada masyarakat utuh dan menyeluruh.

“Saya sudah melihat semua konten LIP-PPID yang dibuat tim. Cukup bagus dan informatif,” katanya kepada BERITA UIN Online di gedung National Information and Communication Technology (NICT), Jumat (4/9/2020).

Keberadaan LIP UIN Jakarta sangat positif guna merespon pemerintah terhadap keterbukaan informasi publik bagi lembaga-lembaga publik milik pemerintah. Informasi tentang UIN Jakarta dalam hal ini menjadi bagian dari keterbukaan informasi publik yang dapat diakses masyarakat secara luas.

Rektor Amany Lubis menyilakan masyarakat mengakses semua layanan informasi yang ada di UIN Jakarta, baik mengenai kegiatan dan prestasi akademik maupun non akademik. Semua prestasi yang dicapai sangat membanggakan berkat adanya dukungan dan keseriusan semua pihak dalam memajukan UIN Jakarta sebagai kampus pembaharu.

Rektor Amany Lubis juga menambahkan, LIP-PPID saat ini ada di semua perguruan tinggi negeri (PTN), termasuk di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) di Indonesia. Semua kampus negeri tersebut diminta untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan akan mendapat penilaian khusus dari kementerian komunikasi dan informatika mengenai keterbukaan informasi publiknya.

Karena itu, UIN Jakarta dalam beberapa tahun terakhir ini telah melakukan proses digitalisasi secara menyeluruh pada semua bidang. Semua informasi tentang UIN Jakarta kini dapat dilihat dan diakses oleh masyarakat melalui website, khususnya website mengenai LIP-PPID.

Layanan informasi yang diberikan meliputi berbagai aspek. Selain aspek akademik dan kelembagaan, juga aspek non akademik terutama prestasi-prestasi yang dilakukan seluruh sivitas akademikanya.

“UIN Jakarta sudah mengembangkan sistem komputerisasi dan digitalisasi, sehingga semua layanan administrasi, keuangan maupun kegiatan akademik dan non akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk tentang penjaminan mutu, kini telah terintegrasi serta dapat diakses dengan mudah dan terbuka,” katanya.

Rektor Amany Lubis sangat mengapresiasi atas seluruh kinerja tim pengelola LIP-PPD yang telah menyiapkan dan mengembangkan layanan informasi tersebut. Tim di antaranya melakukan proses penggalian informasi, termasuk masalah-masalah kebijakan dari semua lembaga atau unit kerja di UIN Jakarta.

“Mudah-mudahan kinerja kita semua dapat dinilai oleh publik sebagai usaha yang baik. UIN Jakarta juga sangat menerima saran dan masukan dari publik guna perbaikan dan pengembangan layanan informasi di masa mendatang,” ujarnya. (ns)