Jakarta, BERITA UIN Online – Guna lebih mengenalkan kampus kepada masyarakat, UIN Jakarta menggelar acara sosialisasi di SMA Muhammadiyah 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain mengadakan sosialisasi, UIN Jakarta juga menggelar pameran pendidikan Edu Fair.

Sasaran sosialisasi kali ini adalah para siswa kelas 12 jurusan IPA dan IPS. Materi sosialisasi di antaranya berupa informasi penawaran fakultas dan program studi, sistem seleksi masuk, biaya perkuliahan, beasiswa, dan kegiatan kemahasiswaan. Selain itu juga diinformasikan beberapa sarana penunjang kegiatan akademik, termasuk sistem perkuliahan di perguruan tinggi.

“Para siswa tampaknya banyak yang antusias ingin masuk UIN Jakarta. Alasannya, selain berstatus negeri, jarak kampus dari lingkungan tempat tinggal mereka juga relatif dekat,” kata Aditya Warman, salah satu petugas sosialiasi.

Acara sosialisasi dimulai pukul 08.00 dan berakhir hingga pukul 12.00. Selain sosialisasi kepada para siswa langsung, UIN Jakarta juga menggelar pameran pendidikan pada Edu Fair yang digelar di halaman sekolah. Pameran dilakukan secara sederhana dengan sasaran utama para siswa dari sekolah tersebut, mulai dari kelas 10 hingga kelas 12.

Dalam pameran itu pula, UIN Jakarta membuka konsultasi pendidikan secara gratis. Konsultasi di antaranya mengenai cara memilih program studi dan perguruan tinggi, prospek lulusan, serta masalah pembiayaan bagi siswa kurang mampu.

“Konsultasi pendidikan juga banyak yang antre, bahkan termasuk para siswa kelas 10,” ujar Aditya.

Berdasarkan catatan, SMA 3 Muhammadiyah merupakan salah satu sekolah swasta unggulan di DKI Jakarta. Hampir setiap tahun, tak sedikit di antara siswanya yang diterima di perguruan tinggi negeri, termasuk di UIN Jakarta. (ns)

Share This