Ruang  Diorama, BERITA UIN Online— Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) menggelar Pelatihan Sistem Pelaporan Keuangan Daerah Berbasis Akrual di Lingkungan Pemerintah Kota Tangsel bagi 30 akuntan dan staf keuangan se-Pemkot Tangsel. Pelatihan dijadwalkan berlangsung selama tiga minggu atau setara 130 jam pelajaran.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung Rektor Prof. Dr. Dede Rosyada MA dan Walikota Tangsel Airin Rachmy Diani SH, MH, M.Kn di Ruang Diorama, Senin (20/11/2017). Pelatihan sendiri dinarasumberi sejumlah pengajar dan praktisi keuangan daerah.

Dalam sambutannya, Airin mengungkapkan, pelatihan sistem pelaporan diharapkan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pelaporan keuangan berbasis akrual bagi para akuntan dan staf keuangan se-Pemkot Tangsel. “Sebagai bagian dari lembaga pemerintahan, seperti halnya UIN Jakarta, kami juga diwajibkan melakukan pelaporan berbasis akrual ini,” jelas Airin.

Mengingat kewajiban tersebut, lanjutnya, Airin juga meminta para stafnya mengikuti pelatihan dengan serius sehingga dapat meningkatkan kapasitas mereka saat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengelola keuangan pemerintahan daerah se-kota Tangsel. Terlebih, jelasnya, kemampuan pengelolaan keuangan pemerintahan yang efektif dan efisien diyakini berhubungan erat dengan misi Pemkot Tangsel membangun kesejahteraan warga.

“Peningkatan kapasitas diri tidak untuk sendiri, tapi untuk semuanya. Bagaimana pelatihan ini berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Itu yang penting,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor mengapresiasi Pemkot Tangsel yang menggandeng UIN Jakarta meningkatkan kapasitas staf pemerintahannya. “Semoga pelatihan ini bisa meningkatkan kapasitas staf dalam memenuhi tugas dan fungsinya,” harapnya. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This