Student Life

Perubahan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Syarif Hidayatullah Jakarta pada 20 Mei 2002 merupakan momen penting bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia, khususnya pendidikan tinggi Islam. Perubahan tersebut menjadi tanda keruntuhan dikotomi keilmuan antara keilmuan umum dan agama. Berbekal dengan semangat integrasi keilmuan, UIN diharapkan tetap mampu menjaga peran tradisionalnya, yaitu mencetak ulama yang mempunyai wawasan keilmuan, kemodernan dan keindonesiaan yang handal. Dalam upaya melakukan akselerasi terhadap integrasi keilmuan tersebut, UIN Jakarta mempersiapkan Ma’had sebagai lembaga pendidikan non-formal yang berupaya mencetak mahasiswa-mahasiswi yang unggul baik dari segi akhlak maupun segi akademik. Sehingga Ma’had menjadi bagian penting dalam mendukung ke arah terwujudnya visi dan misi UIN Jakarta secara keseluruhan.

MA’HAD AL-JAMI’AH UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Ma’had Al-Jami’ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menjadi bagian pengembangan PTAIN di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag, yang bertujuan memberikan pendidikan non-formal (diniyah takmiliyah) dan pelayanan tempat tinggal serta sebagai salah satu wadah yang turut berusaha mencetak mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi, berakhlak mulia, dan berkarakter,dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang mendukung terciptanya visi dan misi Ma’had Al Jamiah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Mahasiswa-mahasiswi yang menempati Ma’had disebut Mahasantri.

Dalam kegiatannya, para mahasantri akan didampingi oleh Mudabbir/ah yang dipilih dari mahasantri-mahasantri terbaik, yang merupakan salah satu bagian penting dalam perjalanan kegiatan Ma’had Al-Jami’ah. Mereka bertugas mendampingi setiap kegiatan mahasantri baik berupa kegiatan spiritual dan akademik, maupun sebagai tutor bagi para mahasantri.

Ma’had Al-Jami’ah dalam proses pengembangannya telah melakukan penyatuan nama dari asrama menjadi Ma’had Al-Jami`ah dan memberikan penamaan pada tiap gedungnya, dengan perubahan sebagai berikut:

  1. Ma’had Putra berubah menjadi : Mabna Syekh Nawawi
  2. ASPI berubah menjadi : Mabna Syarifah Muda’im
  3. ASPA berubah menjadi : Mabna Syekh Abdul Karim
  4. ASPA FKIK berubah menjadi : Mabna Sultan Hasanuddin
  5. ASPI FKIK berubah menjadi : Mabna Syarifah Khadijah

Pembinaan dilakukan secara intensif di semua gedung Ma’had (Mabna). Dimana sebelumnya hanya Ma’had Putra dan Putri serta Asrama FKIK Putra dan Putri saja yang memberikan pembinaan. Dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya Ma’had akan mengoptimalkan peran mudabbir/ah dengan proporsi 1 : 15 yang akan didukung dengan buku monitoring dan buku panduan ibadah, dzikir dan doa sebagai alat yang dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan program. Dengan adanya pendampingan yang optimal dari para mudabbir/ah tersebut, diharapkan ‘kultur’ Ma’had dapat segera terwujud, sehingga kualitas dari para penghuni Ma’had dapat menjadi lebih baik.

Diharapkan dari mahasiswa/i yang tinggal di Ma’had Al-Jami’ah tersebut dapat menginspirasi dan menjadi teladan atau role model bagi seluruh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara umum dalam hal sikap dan perilaku (akhlak), prestasi, serta hal-hal positif lainnya.

PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENDAFTARAN MAHASANTRI  MA’HAD AL-JAMI’AH UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

  1. SUDAH MENDAPATKAN NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
  2. Disarankan sudah melakukan survei lokasi.
  3. Jika calon mahasantri berminat, maka akan dilakukan placement tes secara singkat untuk menentukan kelas pembinaan, meliputi :
    1. Membaca Al-Quran
    2. Dialog/Berkenalan menggunakan bahasa Inggris/Arab
    3. Wawancara singkat terkait komitmen untuk menempati Ma’had
  4. Mengisi Formulir ONLINE (di website mahadaljamiah.uinjkt.ac.id)
  5. BIAYA Rp. 3.500.000,- /TAHUN
  6. Membayar uang masuk Ma’had sebesar Rp. 3,5 juta ke Bank Mandiri, A.n. RPL 133 UIN SYARIF, dengan Nomor Rekening: 101 000 1818 556. Pembayaran sebaiknya melalui teller (tidak diperkenankan menggunakan ATM, karena sumber pengirim dan keterangan pembayaran tidak dapat terdeteksi) dan pada bukti pembayaran harus mencantumkan tulisan dengan format: MA’HAD/Nama lengkap/NIM/Fakultas. Apabila dalam waktu 3 (tiga) hari setelah tanggal pengumuman tidak melakukan pembayaran tanpa ada alasan yang jelas, maka akan dianggap mengundurkan diri.
  7. Bukti pembayaran harus segera diserahkan ke kantor Ma’had. Namun apabila calon mahasantri melakukan transfer dari luar Kampus UIN, maka bukti pembayaran dapat difoto lalu kirimkan via Whatsapp ke nomor HP 0856 930 15125, dan tetap menyerahkan bukti pembayaran fisiknya saat mulai menempati Ma’had.
  8. Calon mahasantri mulai menempati Ma’had pada H-1 masa orientasi perguruan tinggi (PBAK).

Informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi Kantor Ma’had Al-Jami’ah, Gedung Ex-Farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jam 09.00-16.00 WIB telp 021-7401925 ext. 1826.

KOSAN/ KONTRAKAN

Bagi mahasiswa yang ingin lebih mandiri, sekitaran kampus UIN Jakarta banyak terdapat tempat kos maupun kontrakan dengan harga yang terjangkau terjangkau hingga yang berkelas dengan fasilitas lengkap, dari harga yang terendah kisaran 500.000 hingga jutaan rupiah perbulan, tergantung pilihan selera dan kemampuan finansial.

KULINER

Mahasiswa dapat menikmati makanan di kantin maupun cafe dalam kampus hingga makanan disekitaran kampus dari penjaja hingga kelas restoran tersedia, tergantung selera dan kemampuan finansial. Harga sekali makan minimal 10.000 hingga puluhan ribu tergantung pilihan tempat maupun menu makanan.

AKSES KAMPUS

Menuju ke kampus dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena letaknya yang strategis di tepi jalan sehingga mudah untuk ditemukan. Untuk kendaraan umum yang melintasi kampus Kopaja 510 dari kampung rambutan- Ciputat, Kopaja 512 dari Senen-Ciputat. Dari arah Bogor bisa melaui Parung maupun lebak bulus akses tol.

info map dapat dilihat

https://www.google.co.id/maps/search/uin+syarif+jakarta/@-6.3074121,106.7562508,17z?hl=id

Informasi lebih lanjut bisa ke
http://kemahasiswaan.uinjkt.ac.id/

Share This