Gedung Rektorat, BERITA UIN Online—Animo sivitas akademika UIN Jakarta untuk memeriksakan kesehatannya cukup tinggi. Hal itu terlihat di Stan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) pada Education Expo UIN 2018 yang digelar di halaman gedung Rektorat, Selasa (27/02).

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara gratis itu sengaja dilakukan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat FKIK kepada para pengunjung stan. Menurut Kepala Sub Bagian Akademik Andi Lala Lc, untuk melaksanakan kegiatan tersebut, FKIK menurunkan sedikitnya empat dokter dan satu tenaga para medis. Mereka bekerja dalam tim untuk melayani para pasien yang ingin memeriksakan kesehatannya.

“Pemeriksaan kesehatan secara gratis tersebut melayani pemeriksaan empat jenis penyakit, yakni asam urat, kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan dua macam bahan konsultasi yaitu terkait ASI dan gizi, ” katanya.

Meski pemeriksaan kesehatan terbatas, lanjut Andi, FKIK juga memberikan layanan konsultasi kesehatan gratis. Untuk jasa layanan konsultasi ini, FKIK menurunkan seorang dokter ahli.

“Konsultasi kesehatan dilakukan guna memberikan pelayanan kepada warga sivitas akademika yang ingin mengetahui kondisi kesehatan serta tindakan yang diambil sesuai saran dokter,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan BERITA UIN Online, animo warga sivitas akademika UIN Jakarta untuk memeriksakan kesehatannya di stan FKIK memang terbilang tinggi. Mereka bukan saja kalangan dosen tapi juga pegawai dan mahasiswa.

Eko Saputro S Kom, staf Bagian Akademik, misalnya, sengaja datang ke stan FKIK untuk memeriksakan kesehatan dirinya. Pria berusia sekitar 40 tahun tersebut memeriksa untuk dua jenis penyakit, yakni gula darah dan kolesterol.

Alhamdulillah, hasilnya bagus semua, walau kolestrol masih terbilang rendah. Tapi sesuai saran dokter, saya diminta untuk tetap menjaga kesehatan, terutama di usia saya saat ini,” katanya. (lrf)

Share This