Gedung SPs, BERITA UIN Online— Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta menggelar kolokium internasional kajian Islam interdisiplin bertajuk Islam and Sustainability. Kolokium yang berlangsung dua hari, Selasa-Rabu (9/10/2018), mengundang sejumlah peneliti Islam dari berbagai perguruan tinggi luar dan dalam negeri.

Kolokium dibuka langsung Direktur SPs UIN Jakarta, Prof. Dr. Masykuri Abdillah di Gedung SPs, Selasa (9/10/2018). Dalam pembukaannya, Masykuri menuturkan, tema kolokium ‘Islam and Sustainability’ bakal menghadirkan paparan riset para peneliti tentang berbagai isu lingkungan dalam tinjauan teologis, gerakan sosial, maupun peranan lembaga sosial keislaman.

“Untuk itu, kolokium juga mengundang sejumlah pembicara dari berbagai institusi akademi yang akan menyoroti kajian Islam dari berbagai sudut yang mereka teliti,” paparnya.

Selain akademisi dari UIN Jakarta seperti Prof Azyumardi Azra, kolokium juga mengundang akademisi berbagai universitas luar. Diantaranya Dr Miho Tahaka dan Dr David Curran dari Conventry University, serta Dr Ina Imam Supaat dari Universiti Sains Islam Malaysia.

Selain kuliah umum, kolokium juga diisi diskusi panel sesuai stopik yang ditentukan. Diantaranya isu lingkungan dalam tinjauan doktrin keagamaan, isu lingkungan dalam gerakan sosial-kultural, persoalan lingkungan dalam perspektif gender, dan isu lingkungan dalam tinjauan budaya pop. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This