Bogor, BERITA UIN Online— Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) UIN Jakarta menggelar Cultural Day 2019 di Cisarua, Bogor, Jumat-Sabtu (30-31/8/2019), untuk menyambut puluhan mahasiswa baru asal berbagai negara yang diterima masuk di UIN Jakarta. Diketahui, sebanyak 30 mahasiswa baru internasional berhasil diterima UIN Jakarta dalam seleksi masuk tahun akademik 2019/2020.

Kegiatan Cultural Day 2019 dibuka langsung Kepala PLKI UIN Jakarta, Dadi Darmadi MA, dihadiri sejumlah volunteer dan staf pengelola serta diikuti seluruh mahasiswa baru internasional. Cultural Day sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar sebagai sambutan atas kedatangan mahasiswa baru internasional UIN Jakarta.

Tahun ini, kata Dadi, Cultural Day sengaja mengambil tema “Strengthen Your Relations Through Fraternity”. Dengan tema ini, PLKI UIN Jakarta berharap mahasiswa baru internasional bisa membangun ikatan persaudaraan yang kuat sebagai mahasiswa UIN Jakarta. “Sehingga mereka bisa sukses dalam menempuh studinya di UIN Jakarta,” katanya.

Sesuai temanya, kegiatan Cultural Day 2019 diisi berbagai kegiatan yang didesain bisa mempererat hubungan persaudaraan. Mulai dari pengenalan budaya Indonesia, berbagai jenis permainan outbond, hingga perlombaan Master Chef of International Students. Selain itu, mahasiswa baru internasional juga diberi kesempatan menyampaikan kebudayaan negara asalnya.

Masih di kegiatan yang sama, PLKI sebagai pengelola sekaligus penganggung jawab mahasiswa internasional UIN Jakarta juga memperkenalkan secara umum sistem perkuliahan di UIN Jakarta. Selain itu, PLKI juga mempresentasikan proses izin belajar, izin tinggal keimigrasian, asrama, serta kehidupan sosial mahasiswa UIN Jakarta.

Lebih jauh, Dadi berharap, para mahasiswa internasional bisa mengikuti perkuliahan di UIN Jakarta dengan nyaman sehingga bisa lulus tepat waktu. Ia juga mengharapkan partisipasi aktif para mahasiswa internasional dalam berbagai kegiatan mahasiswa sehingga bisa mengakselerasi UIN Jakarta menjadi World Class University. (adeb/zm)

Share This