Gedung FITK UIN Jakarta, BERITA UIN Online— Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) mengundang 102 orang peserta pada acara Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Nasional yang digelar selama dua hari pada Senin-Selasa, (13-14/11/2017) di Ruang Teater Prof Mahmud Yunus lt 3 FITK.

“Kami mengundang Ketua-ketua Jurusan (Kajur) atau Program Studi (Kaprodi) dan perwakilan dosen PAI dari Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Swasta seluruh Indonesia, yaitu dari UIN (6 orang), IAIN (14 orang), STAIN (32 orng) orang, dan STAIS (20 orang),” ujar Ketua Panitia Dr Majid Khon MA dalam laporan sambutannya.

Menurutnya, Jurusan PAI sengaja mengundang para Kajur dan Kaprodi pada acara ini agar nantinya hasil semiloka nasional ini dapat disosialisasikan kepada dosen-dosen yang mengajar di perguruan tinggi masing-masing.

Penyelenggaraan kegiatan ini, lanjut Ketua Prodi PAI FITK itu, dimaksudkan untuk merumuskan pengembangan kurikulum Pendidikan guru PAI di abad 21 dalam konteks Pendidikan Profesi Guru (PPG) pra jabatan, mengembangkan kurikulum PAI di madrasah dan sekolah, dan memberikan masukan terhadap kebijakan dan pelaksanaannya di lingkungan Kemenag RI.

“Kajian kurikulum PAI ini sangat penting, selain itu, semiloka nasional ini merupakan upaya para pelaku pendidikan untuk mengembangkan lembaga penyelenggara PPG yang profesional abad 21 di lingkungan Kemenag RI,” imbuh Majid.

Semiloka Nasional yang bertajuk “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru PAI di Abad 21” ini dibuka Wakil Dekan Bidang Akademik FITK Dr M Zuhdi MEd mewakili Dekan FITK Prof Dr Ahmad Thib Raya MA dengan keynote speech Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA.

Dalam acara tersebut, didapuk beberapa narasumber, yaitu Dirjen Pendis Kemenag RI Prof Dr Kamarudin Amin MA, Sekretaris ISPI UPI Bandung Prof Dr Arman MPd, Ketua Umum PSPI/Rektor UIN Bandung Prof Dr Mahmud MSi dan Ketua LP3M UNJ Dr Totok Bintoro MPd.

Diketahui, pada hari terakhir kegiatan, terpilih Dr Abdul Majid Khan MA sebagai Ketua Perkumpulan Prodi PAI (PP PAI) Indonesia dan dilantik oleh Direktur Diktis Kemenag RI Dr Imam Syafii MPd. (mf)

Share This