Ciputat, BERITA UIN OnlineInna lillahi wa innaa ilaihi ra’jiun. UIN Jakarta kembali berduka. Guru Besar Ilmu Politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta, Prof. Dr. Bahtiar Effendy, berpulang ke rahmatullah di Rumah Sakit Islam Jakarta, Kamis dinihari (21/11/2019), setelah dirawat karena sakitnya sejak beberapa hari terakhir.

Kabar wafatnya Professor Bahtiar didapat melalui pesan berantai kalangan sivitas akademika UIN Jakarta. Informasi meninggalnya almarhum bersumber dari informasi puterinya Atia Ajani yang diteruskan melalui sejumlah koleganya seperti Guru Besar UIN Jakarta Prof. Dr. Din Syamsuddin.

Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis, yang menerima kabar wafatnya Professor Bahtiar turut menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya salah satu dosen UIN Jakarta yang memiliki kiprah akademik mendunia.

“Saya dan segenap pimpinan beserta sivitas akademika UIN Jakarta mengucapkan belasungkawa mendalam atas wafatnya salahsatu guru besar yang dimiliki kampus ini. Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan keluarganya senantiasa kuat dan bersabar,” ucapnya.

Rektor menuturkan, Professor Bahtiar merupakan salah satu dosen kebanggaan UIN Jakarta dengan kiprah luar biasa. Di sela-sela mengajarnya, ia merupakan intelektual produktif dengan karya akademik yang sangat diperhitungkan di bidangnya, Politik Islam.

Selain itu, lanjutnya, almarhum merupakan dosen UIN Jakarta yang memiliki kiprah pengabdian masyarakat yang luar biasa dengan aktif sebagai pengurus di sejumlah organisasi profesi keilmuan dan sosial keislaman. “Beliau merupakan teladan bagi kita untuk bersikap total dalam profesi keilmuan dan pengabdian pada masyarakat,” katanya lagi.

Diketahui, semasa hidupnya Professor Bahtiar mengajar di FISIP dan Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta. Selain itu, ia merupakan salah satu pendiri sekaligus dekan pertama FISIP sejak didirikan pada tahun 2009 melalui peleburan sejumlah prodi seperti Prodi Sosiologi Agama dan Prodi Pemikiran Politik Islam dari Fakultas Ushuluddin dan Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS), kini Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Sebagai intelektual, almarhum juga menulis sejumlah karya akademik cukup penting. Diantaranya Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia; Teologi Baru Politik Islam: Pertautan Agama, Negara, dan Demokrasi; Islam and the State: The Transformation of Islamic Political Ideas and Practices in Indonesia; dan Merambah Jalan Baru Islam yang ditulisnya bersama kolega, Fachry Ali.

Professor Bahtiar sendiri lahir di Ambarawa, Jawa Tengah pada 10 Desember 1958. Setelah menamatkan pendidikan menengah atasnya dari Pondok Pesantren Pabelan, ia melanjutkan pendidikan di Jurusan Perbandingan Agama, Fakultas Ushuluddin. Selanjutnya ia menempuh dua program magisternya di Universitas Ohio at Columbus dan Universitas Ohio at Athens. Lalu untuk doktornya, ia mengambil spesialisasi bidang Ilmu Politik di Universitas Ohio at Columbus. (zm)

Share This