Ruang Tetater, BERITA UIN Online— Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar studium generale yang mengusung tema Modifikasi Permukaan Nanopartikel, Kestabilan dan Aplikasinya. Dilaksanakan pada, Rabu (10/04), di Ruang Teater lantai 2 FST UIN Jakarta.

Acara yang dihadiri sekaligus dibuka oleh Dekan FST UIN Jakarta Lily Surayya Eka Putri tersebut, menghadirkan narasumber dari Universitas Indonesia (UI) sekaligus peneliti yang fokus pada nanopartikel, Yoki Yulizar.

Selain itu, turut hadir para dosen Prodi Kimia, mahasiswa, serta segenap sivitas akademika FST UIN Jakarta, juga beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi lain dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Lily mengapresiasi dan mendukung terlaksananya kegiatan positif tersebut. Dirinya berharap, mahasiswa prodi kimia khususnya dapat mengikuti dan menyimak secara baik pemaparan narasumber, agar mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan baru dari materi yang disampaikan.

“Ikuti dan simak baik-baik apa yang disampaikan oleh narasumber. Jika ada hal yang kurang dipahami nanti bisa anak-anak tanyakan langsung, mumpung saat ini ahli dalam bidang nanopartikel ada di tengah-tengah kita. Gali ilmu sebanyak-banyaknya, karena kesempatan baik ini jarang terulang,” tandas Lily.

Sementara itu, kesimpulan yang didapatkan dari pemaparan Yoki Yulizar, adalah, bahwa pengamatan langsung dan tidak langsung spesies antar muka cair berhasil diamati. Kompleksasi, agregasi kompleks, konsentrasi spesies antar muka, orientasi molekul, ion asosiasi, reduksi antar muka, kinetika dan mekanisme reaksi antar muka, pembentukan, pertumbuhan, kestabilan, rekayasa non partikel logam, oksida, polimer, komposit telah dilakukan. Baik  dengan menggunakan chemicals, maupun bahan kimia alam dan diaplikasikan sebagai absorben, sistem penditeksi, katalis dalam sistem koloid. Modifier yang digunakan non partikel logam, oksida logam, polimer (alam dan sintesis), ligan, surfaktan.

“Modifikasi permukaan padat (zeolit, bentonit, oksida logam, arang aktif, polimer, komposit) menggunakan modifiernano partikel logam, oksida logam, polimer (alam dan sintesis), ligan, surfaktan berhasil dilakukan, dan diaplikasikan sebagai absorben separation, sistem deteksi, katalis (fotoktalis, termal katalis),” jelas Yoki.

Dari pantauan BERITA UIN Online di lokasi terlihat, acara studium generale  berlangsung lancar tanpa kendala serta mendapat antusiasme tinggi dari peserta studium general tersebut. Hal tersebut, nampak dari banyaknya pertanyaan dari peserta kepada narasumber. (lrf)

Share This