Gedung Fidkom, BERITA UIN Online – Program Studi (Prodi) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidkom) UIN Jakarta akan menggelar Lomba Foto Jurnalistik bagi para pelajar dan mahasiswa tingkat nasional. Selain lomba, Prodi Jurnalistik juga akan menggelar Lokakarya Foto Jurnalistik.

Demikian dikatakan Ketua Prodi Jurnalistik Kholis Ridlo kepada BERITA UIN Online di gedung Fidkom, Selasa (24/9/2018). Kholis menjelaskan, Lomba Foto Jurnalistik bertujuan guna mendorong para peminat fotografi untuk berkarya dan mengabadikan berbagai momen peristiwa penting dan menarik dalam kehidupan manusia. Lebih dari itu. lomba juga bertujuan guna menumbuhkan minat dan bakat para pelajar serta mahasiswa Indonesia di bidang seni fotografi.

“Foto jurnalistik bukan semata persoalan seni keindahan, tetapi juga mengandung rekaman berbagai peristiwa menarik yang melibatkan manusia dan alam sekitarnya sehingga layak diketahui publik,” katanya.

Menurut Kholis, Lomba Foto Jurnalistik tahun ini bertema “Wajah Indonesia”. Syarat-syarat mengikuti lomba di antaranya peserta merupakan para pelajar dan mahasiswa se-Indonesia dan bersifat perseorangan yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa atau pelajar. Foto harus karya asli atau orisinal, bukan manipulasi digital atau hasil reproduksi. Syarat lainnya foto harus dikirim dalam format JPEG dan panjang maksimal 300 dpi sebanyak lima karya foto dan dikirim ke alamat e-mail: jurnalistik@uinjkt.ac.id.

“Batas batas akhir pengiriman foto pada 5 Oktober 2018 dan pengumuman pemenang dilakukan pada 9 Oktober 2018 mendatang,” jelasnya.

Kholis menambahkan, para pemenang lomba foto akan diikutkan pada pameran foto jurnalistik di Aula Madya kampus 1 UIN Jakarta pada 8-12 Oktober 2018. Bagi para pemenang, panitia akan menyediakan hadiah berupa uang dan sertifikat. Pemenang pertama mendapatkan uang sebesar Rp 1.5 juta, pemenang kedua Rp 1 juta, dan pemenang ketiga Rp 750 ribu. Sedangkan untuk pemenang harapan kesatu sampai ketiga akan mendapatkan uang masing-masing sebesar Rp 250.000.

Lokakarya tentang foto jurnalistik akan digelar pada 9 Oktober 2018 di Aula Madya. Lokarya ini menampilkan pembicara tunggal Rasdian A Vadin, dosen Fotografi pada Prodi Jurnalistik Fidkom UIN Jakarta. Lokakarya di antaranya akan membahas mengenai dunia fotografi dalam berbagai aspek. (ns)

Share This