Ruang Pertemuan, BERITA UIN Online—Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta serius menuju keunggulan di kawasan Asia Tenggara dengan mengadakan Workshop Persiapan AUN-QA (6/11), bertempat di Ruang Rapat lantai 2 FAH.

Workshop ini, dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan fakultas, para ketua program studi S1, S2, dan para dosen terkait. Selain itu, dihadirkan pula narasumber guna memberikan arahan dan bimbingan dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu untuk mendapatkan sertifikasi AUN-QA.

Narasumber dimaksud adalah Dr drh Hadri Latif MSI. Dalam pemaparannya, ia mengatakan bahwa persiapan AUN-QA itu mencakup, komitmen pimpinan institusi dan unit, program studi telah memiliki akreditasi BAN-PT dengan perolehan nilai A, dan dukungan sivitas akademika serta tenaga kependidik.

“Tidak lupa, implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara konsisten, memahami sistem dan kriteria AUN-QA, fasilitasi dan pendampingan mencakup strateginya, dan memiliki kajian tentang kesenjangan antara hasil assessment dengan evaluasi yang telah dilakukan,” jelas Hadri.

Ciri utama dari AUN-QA, lanjut Kepala Kantor Penjaminan Mutu IPB ini, menekankan penilaian generik pada aspek proses pengelolaan lembaga, bukan pada pada hasil atau output seperti yang dijadikan dasar penilaian pada akreditasi BAN-PT.

“Oleh karena itu, apa yang dilaporkan dalam artikel harus lebih menjelaskan pada proses dan prosedur untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan,” tandasnya menutup pembicaraan.

Sebagai informasi, ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) merupakan rganisasi jejaring universitas di Asean yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara Asean. Selain itu, AUN-QA juga  merupakan sebuah lembaga assessment, dan bukan akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan bagian dari QA. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Dengan demikian, maka lulusan perguruan tinggi yang telah mendapatkan serifikasi AUN-QA, akan diterima melamar pekerjaan di negara-negara ASEAN. (lrf/za)

 

Share This