Auditorium, BERITA UIN Online –  Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 pada hari kedua menjalani tes wawancara dan praktik kerja. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tersebut digelar di Auditorium Harun Nasution dan di gedung perkuliahan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Selasa (18/12/2018).

Seleksi wawancara dilakukan oleh tim penyeleksi yang berasal dari unsur dosen dan pejabat struktural UIN Jakarta serta Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Seleksi meliputi wawancara pribadi, membaca al-Qur’an, dan praktik ibadah shalat. Selain itu, peserta juga menjalani serangkaian tes praktik kerja sesuai dengan formasi masing-masing bidang keahlian. Untuk seleksi formasi dosen, peserta melakukan praktik pengajar, sedangkan formasi pelaksana praktik bidang administrasi dan komputer.

Seleksi wawancara dan praktik kerja dimulai secara bersamaan pada pukul 08.00 WIB. Untuk wawancara, seleksi peserta dilakukan di Auditorium Harun Nasution dengan penyeleksi sebanyak empat orang, satu peserta  dua penyeleksi. Sedangkan untuk parktik kerja, seleksi dilakukan di gedung perkuliahan eks Jurusan Farmasi atau kini menjadi gedung perkuliahan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Seleksi praktik kerja tersebut memanfaatkan sejumlah ruangan kelas dengan masing-masing kelas diisi dua penguji dan satu perserta.

“Seleksinya dilakukan  satu per satu dengan durasi masing-masing sebanyak 30 menit,” ujar Kepala Subbagian Perundang-undangan Bagian Organisasi, Kepegawaian, dan Perundang-undangan (OKP) Ahmadi.

Ahmadi juga menjelaskan, seleksi tahap kedua berupa Kompetensi Bidang diikuti 54 peserta, terdiri atas 49 calon dosen dan lima pelaksana. Mereka akan memperebutkan 30 formasi dosen dalam berbagai disiplin ilmu dan tiga formasi tenaga pelaksana (analis dan pranata).

Seleksi CPNS 2018 dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada 12 November 2018 dengan materi Kompetensi Dasar dan tahap kedua pada 17-18 Desember 2018 dengan materi Kompetensi Bidang. (ns)

Share This