Gd. FAH, BERITA UIN Online— Dalam rangka memperkenalkan kebudayaan Islam dan Indonesia kepada para mahasiswa asing, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) menggelar kursus singkat dengan mengusung tema Short Course on Indonesia Islam for Intenational Undergraduate Student. Acara yang berlangsung dari Selasa-Jumat (16–26/10), bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung FAH.

Acara yang berlangsung komunikatif tersebut, diikuti sedikitnya 20 orang mahasiswa asing yang berasal dari China, Afganistan, India, Tajakistan, Kanda, Gambia, Thailand, dan Meksiko. Juga termasuk mahasiswa yang berasal dari lima jurusan yang ada di FAH.

Kepada tim BERITA UIN Online salah satu panitia Yasir Mubarok memaparkan, bahwa diskusi ini berlangsung two way bukan one way, maskudnya pemateri memaparkan isi pokok pembahasannya lalu bisa secara langsung direspon oleh para peserta yang hadir.

Salah satu narasumber, Awaliah Rahmah (Dosen Sejarah Peradab Islam) mengangkat tema mengenai Batik in Indonesian and Culture menjelaskan, bahwa motif batik pun di pengaruhi oleh asimilasi kebudayaan luar sehingga mendapatkan motif batik yang menarik.

Hal tersebut diamini salah satu peserta asal Meksiko, Paulina, dirinya menjelaskan salah satu motif batik dari negaranya yang bercorak bunga maknanya merupakan representatif dari negaranya sendiri, itu pun terinspirasi dari Indonesia.

Kembali menurut Yasir, dirinya berharap kedepannya acara seperti ini menjadi event tahunan FAH, karena dapat meningkatkan publisitas fakultas dan buat para mahasiswa asing akan lebih mengenal sosok budaya Islam yang ada di Indonesia.

“Karena Indonesia adalah masyarakat muslim terbesar di dunia, yang mana ketertarikan para mahasiswa asing terhadap Islam di Indonesia dengan budaya khasnya sendiri. Dan untuk kegiatan ke depan akan dilakukan persiapan yang lebih matang sehingga kegiatan ini akan lebih semarak dan menarik,” pukas Yasir. (lrf)

Share This