Sijunjung, BERITA UIN Online – Sejumlah pelajar tingkat menengah atas di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, menyatakan antusiasnya untuk kuliah di UIN Jakarta. Para pelajar tersebut berharap dapat diterima saat mendaftar di tahun depan.

Hal itu terungkap saat UIN Jakarta mengadakan acara sosialisasi di empat sekolah tingkat menengah atas (SMAN 1, SMAN 2, SMAN 4, MAN 2, SMAN 9, MAN Palangki) di Kabupaten Sijunjung dan MAN 2 di Kota Padang pada 5-7 September 2018. Para pelajar yang menjadi sasaran sosialisasi adalah kelas 12 dari Jurusan IPA, IPS, dan Agama.

Nurul Hasanah, pelajar kelas 12 IPA-3 dari SMAN 2 misalnya, sangat berkeinginan dirinya dapat melanjutkan kuliah di UIN Jakarta selepas lulus nanti. Meski jarak yang lumayan jauh dari tempat tinggalnya kini, namun bagi Nurul hal itu tak menjadi masalah.

“Saya ingin masuk Jurusan Ilmu Kesehatan,” katanya penuh harap.

Harapan yang sama juga diutarakan Muhammad Samsir, pelajar kelas 12 IPA-1 dari SMAN 1. Ia mengatakan dirinya akan berusaha untuk mengikuti seleksi melalui jalur prestasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur seleksi lainnya dan memilih UIN Jakarta sebagai pilihan pertamanya.

Samsir sendiri akan berusaha meraih mimpinya itu dengan belajar keras. Bahkan ia juga berharap mendapat beasiswa setelah diterima nanti.

“Mudah-mudahan harapan dan impian saya kuliah di UIN Jakarta terwujud,” ucapnya.

Kepala SMAN 1 Sijunjung Jontridel Efendi mengatakan, UIN Jakarta selama ini telah menjadi salah satu perguruan tinggi dari lulusan sekolahnya untuk melanjutkan kuliah. Bahkan menurutnya hampir tiap tahun ada beberapa lulusan SMAN 1 yang diterima di UIN Jakarta melalui berbagai jalur seleksi masuk. Tak hanya itu, dari lulusan sekolahnya juga bahkan ada yang kini jadi dosen di UIN Jakarta bernama Dasrizal.

“Jadi, bagi kami, UIN Jakarta sebenarnya sudah tak asing lagi. Insya Allah tahun depan pun para lulusan SMAN 1 akan didorong memilih UIN Jakarta,” katanya.

Acara sosialisasi UIN Jakarta digelar selama tiga hari secara maraton. Sedangkan pelaksana sosialisasi dilakukan oleh tiga tim dari Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi. Acara diawali di Kabupaten Sijunjung dan kemudian berakhir di Kota Padang.

Materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut di antaranya berupa fakultas dan jurusan, jalur seleksi masuk, biaya kuliah, fasilitas kampus, kegiatan akademik dan kemahasiswaan, serta beasiswa. Selainitu juga berbagai prestasi yang dicapai UIN Jakarta baik secara kelembagaan maupun prestasi mahasiswa. (ns)

Share This