Bandung, BERITA UIN Online— Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiah (FDI) UIN Jakarta kembali raih juara I pada ajang Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK), yang dihelaat pada Semarak Apresiasi Khazanah Arab (SAHARA) 2018, bertempat di UIN Bandung pada, Senin-Kamis (5-8/03) lalu.

Acara yang diinisiasi oleh Program Studi Bahasa Arab UIN Bandung tersebut, diikuti oleh sedikitnya 30 peserta dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Sedang untuk utusan dari FDI UIN Jakarta adalah Budi Andrianto, mahasiswa FDi semester empat.

Diketahui bahwa, sebelumnya Budi juga berhasil menyabet gelar juara pada Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) skala nasional pada FAN (Festival Arab Nusantara), di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu, dirinya juga menjuarai FESBA (Festival Bahasa) di IIQ Jakarta, dan MKK (Musabaqah Kitab kuning/klasik) di Universitas Indonesia.

Budi Andrianto berhasil meraih Juara 1 setelah menumbangkan tiga lawannya pada babak final. Ketiga lawan tersebut adalah utusan dari STIBA Ar-Raayah Sukabumi, BSA UIN Malang, dan UKM bahasa UIN Jogja.

Sekadar informasi, pada kejuaraan MQK kali ini cukup unik, pasalnya setelah 30 peserta dari berbagai Universitas di Indonesia memberikan penampilan terbaiknya, Dewan juri memilih empat peserta dengan nilai tertinggi untuk melaju ke babak Final.

Dalam final, peserta diharuskan membaca satu bab penuh sesuai dengan gramatika bahasa arab yang benar juga intonasi yang tepat, setelah itu peserta diminta untuk menjelaskan isi kandungan bab yang dibaca tanpa melihat  teks. Terakhir, sesi tanya jawab, di mana dewan juri mengajukan pertanyaan yang sangat kompleks, baik dari segi gramatika, maupun keterkaitan teks dengan fenomena terkini.

“Ini salah satu event MQK yang cukup mendebarkan bagi saya. Karena, di sesi final dewan juri benar-benar bertanya dengan serius dan terkadang menguji saya dengan pertanyaan jebakan, sehingga saya harus berfikir keras,” jelas Budi kepada tim BERITA UIN Online. (lrf/A.S).

Share This