Gedung FITK, BERITA UIN Online – Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018. Mahasiswa yang diterima adalah lulusan sarjana S1 jalur skripsi dari perguruan tinggi terakreditasi.

Demikian dikatakan Ketua Program Magister MPI Dr Jejen Musfah kepada BERITA UIN Online di gedung FITK, Rabu (1/2/2017). “Pendaftarannya berlangsung setiap hari, terhitung sejak sekarang hingga 22 Juli 2017 melalui sistem online. Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan di mana saja, tanpa harus datang ke kampus,” ujarnya. Pendaftaran dimaksud dilakukan dengan mengisi biodata diri melalui laman http://spmb.uinjkt.ac.id atau melalui website UIN Jakarta di www.uinjkt.ac.id.

Menurut Jejen, calon mahasiswa yang mendaftar terlebih dahulu akan diseleksi sesuai mekanisme program. Materi seleksi meliputi tes TOEFL dan TOAFL, Potensi Akademik, dan Proposal Tesis. Seleksi akan berlangsung selama dua hari pada 2-3 Agustus 2017 mendatang.

Mahasiswa yang dinyatakan lulus, kata Jejen, wajib mendaftar ulang dengan membayar uang kuliah serta menyerahkan berkas lain yang diperlukan. Pengumuman kelulusan tersebut akan dilakukan pada 10 Agustus 2017 dan pendaftaran ulang pada 11-30 Agustus 2017. Sedangkan waktu perkuliahan dimulai pada 6 September 2017.

“Tahun akademik ini jumlah calon mahasiswa yang akan diterima antara 20-25 orang,” katanya menjelaskan.

Menurut Jejen, perkuliahan di Program Magister MPI berlangsung selama empat semester atau dua tahun. Sedangkan pada semester akhir atau semester empat, mahasiswa wajib melaksanakan tugas akhir perkuliahan berupa penulisan tesis.

Jejen lebih lanjut menjelaskan, pembukaan Magister MPI bertujuan guna menghasilkan sarjana Magister MPI yang memiliki pemahaman dan wawasan komprehensif, mempunyai keahlian dalam manajemen pendidikan, kesadaran ilmiah tinggi dan terbuka, serta responsif terhadap perubahan sosial dan berakhlak mulia.

“Gelar lulusan Magister MPI adalah Magister Pendidikan atau MPd,” ujarnya. (ns)

Share This