Auditorium, BERITA UIN Online – Ketua Gugus Depan Gerakan Pramuka UIN Jakarta Nanang Syaikhu melantik pengurus Dewan Racana Fatahillah-Nyi Mas Gandasari periode 2018-2019 di Auditorium Harun Nasution, Rabu (19/12/2018). Pengurus baru yang dilantik terdiri atas Ketua Dewan Racana Putra Banu Muhammad Kindy, Ketua Dewan Racana Putri Sifa Fauziah, Pemangku Adat Putra Anjar Jamaluddin, Pemangku Adat Putri Vera Difa Azzahro, serta pengurus lain dari masing-masing bidang.

Acara pelantikan dilakukan dengan upacara adat, yakni masing-masing individu mengucapkan ulang janji Tri Satya. Hadir dalam pelantikan tersebut Pembina Satuan Pandega Putra Arif Aryanto Aryadi dan Pembina Satuan Pandega Putri Saidah.

Seusai pelantikan, acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru. Serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan seluruh atribut jabatan, termasuk aset-aset dan inventaris organisasi.

Sementara itu, ditempat terpisah, Pembina Satuan Pandega Arif Aryanto Aryadi juga melantik pengurus masing-masing kelompok kerja (pokja) organisasi, yaitu Pokja Outdoor Activity (OAC), Pokja Seni Jakarta (Senja), Pokja Usaha Racana Fatahillah-Nyi Mas Gandasari, Pokja Penelitian dan Pengembangan, dan Pokja Protokol. Pokja merupakan kelengkapan organisasi Dewan Racana yang membidangi pengembangan peminat dan bakat anggota.

Ketua Gudep Nanang Syaikhu dalam sambutannya mengingatkan agar pengurus baru Dewan Racana dapat bekerja secara profesional, baik secara individual maupun kelembagaan. Ia juga berharap agar pengurus baru mampu mengemban amanah Musyawarah Racana dengan baik selama satu periode kepengurusan ke depan.

“Bahkan yang lebih penting lagi, pengurus baru harus memiliki banyak inovasi dan kreasi dalam menjalankan program organisasi, serta menjadi yang lebih baik dari periode kepengurusan sebelumnya,” ujarnya.

Pada bagian lain, Ketua Forum Pembina Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus baru yang dilantik. Sementara kepada pengurus lama, ia mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya dalam memajukan Gerakan Pramuka, khususnya Gugus Depan Gerakan Pramuka di UIN Jakarta.

“Semoga pengabdian dan dedikasi yang diberikan kepada organisasi Gerakan Pramuka menjadi ladang pahala dan akan dibalas setimpal oleh Allah SWT,” katanya. (ns)

Share This