Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dalam hal ini Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terus berkomitmen untuk mengembangkan dan melaksanakan pendidikan guru dalam rangka penyiapan guru profesional, berakhlak mulia dan berkarakter terpuji.

Demikian Pengumuman Nomor 796/B2/LL/2017 yang dikeluarkan Kemenristekdikti pada 7 Nopember 2017 ditandatangani Direktur Pembelajaran Paristiyanti Nurwardani dan diterima UIN Jakarta pada Jumat (10/11/2017).

Selanjutnya disebutkan, dalam rangka menyambut Hari Guru 2017, Direktorat Pembelajaran menyelenggarakan kompetisi pembuatan Video Icon Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam bentuk Public Service Announcement (PSA)/Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan hastag “Dari Kemenristekdikti untuk Guru Bermutu Indonesia Maju”.

Dalam kesempatan ini, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti mengundang masyarakat untuk ikut berkompetisi membuat Video PSA/ILM kategori pendidikan yang dapat disiarkan melalui layar televisi maupun media elektronik lainnya untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang penyiapan guru profesional, berakhlak mulia, berkarakter terpuji, bermutu dan patriotik.

Dijelaskan, ada beberapa ketentuan umum untuk dapat mengikuti kompetisi pembuatan PSA/ILM Icon PPG tersebut, yaitu pertama, ada dua kategori untuk peserta, yaitu mahasiswa Program PPG (SM3T, PPGT, dan PPG bersubsidi) angkatan 2017 dan kategori umum, yaitu dosen, guru, widyaiswara, alumni Program PPG, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan.

Kedua, peserta adalah individu atau kelompok dengan jumlah anggota maksimal tiga orang. Ketiga, video PSA yang dibuat sesuai dengan tema, yang merupakan karya original dan belum pernah dikompetisikan atau dipublikasikan di media apapun.

Keempat, durasi waktu 180 detik atau 3 menit dengan alat rekam produksi PSA dapat menggunakan kamera jenis apapun dengan konten yang tidak mengandung unsur sara dan pornografi, serta memperhatikan kriteria penyensoran sebagaimana yang dipaparkan dalam Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2014 Tentang Lembaga Sensor Film.

Kelima, peserta mengirimkan materi PSA dalam DVD atau flashdisk, dengan format MP4 dengan resolusi minimal HD 1280 X 720 pixel. Penilaian PSA meliputi kesesuaian dengan tema, orisinalitas ide dan keunikan gagasan, gaya bahasa, mutu teknik dan artistik, kreativitas, ketepatan waktu durasi video, dan kejelasan pesan yang disampaikan.

Keenam, peserta bertanggungjawab atas orisinalitas PSA yang dikompetisikan, serta dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas karya dan ditandatangani di atas materai kemudian produk PSA dimasukkan ke dalam amplop tertutup berwarna cokelat dengan diberi Judul, “Dari Kemenristekdikti untuk Guru Bermutu Indonesia Maju,”dikirim melalui pos atau jasa pengiriman lainnya ke alamat pengiriman Sekretariat Panitia Kompetisi Video Icon PPG, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Gedung D Lantai 7, Jl Jenderal Sudirman Pintu 1 Senayan, Jakarta, 10270.

Untuk hak cipta Video PSA tetap menjadi milik peserta, tetapi DVD atau flashdisk yang dikirimkan menjadi milik panitia dan terbaik akan ditayangkan di media elektronik.

Selanjutnya, Dewan Juri akan memilih dan menetapkan enam pemenang untuk setiap kategori dengan hadiah yang terdiri atas Juara 1 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 35.000.000, Juara 2 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 30.000.000, dan Juara 3 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 25.000.000 dengan pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.

Pengumuman pemenang dilakukan pada 22 November 2017 dan penyerahan hadiah pemenang kompetisi akan dilaksanakan pada 24 November 2017. Untuk pengiriman materi PSA, panitia menerima sejak 14 November 2017 sampai dengan 18 November 2017 (cap pos).

Terkait dokumen, yang diterima panitia terdiri atas Surat Pengantar pimpinan perguruan tinggi (untuk kategori 1), biodata peserta lomba (ketua dan semua anggota), Surat Pernyataan Keaslian Produk bermaterai Rp 6.000, Produk PSA dalam DVD atau flashdisk dengan format MP4 resolusi minimal HD 1280X720 pixel.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id dan http://ppg.ristekdikti.go.id. (mf)

Share This