Diorama, Berita UIN Online – Bagian Kemahasiswaan UIN Jakarta kembali menggelar workshop demi meningkatkan kualitas mahasiswanya. Kali ini perwakilan dari 11 fakultas yang ada di UIN Jakarta diundang dalam workshop “Penulisan CV dan Motivation Letter” dengan menghadirkan Koordinator Campus France Indonesia, Editha Nurida sebagai pembicara yang diselenggarakan di Diorama Harun Nasution.

Dalam acara tersebut para peserta yang hadir terlihat antusias saat keynote speaker memberikan materi tentang menulis CV serta motivation letter untuk melanjutkan studi keluar negeri. Menurut Editha, penulisan Curiculum Vitae yang baik sangat dibutuhkan para mahasiswa agar dapat menarik perhatian kampus dari luar negeri.

“Dengan begitu pihak universitas luar negeri akan sangat tertarik kepada mahsiswa jika cv yang dibuat sangat baik dari sisi penulisannya selain bentuk dari cv itu sendiri,” ungkap Editha kepada Berita UIN Online, Selasa (20/3).

Lebih lanjut Editha Menjelaskan, banyak alumni dari UIN Jakarta yang melanjutkan studinya ke luar negeri terhitung sejak tahun 2014. Namun mereka menjatuhkan pilihannya ke negara Perancis karena banyak keunggulan yang didapatkan daripada negara-negara lainnya di Eropa.

Hal ini disebabkan karena kebijakan di Perancis dapat dikatakan sangat menguntungkan bagi warga negara asing yang bekerja maupun melanjutkan studinya disana. Dimana hak antara warga negara perancis dengan warga negara asing disamaratakan.

“Hak bekerja dan melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi itu gratis dan tidak dibedakan antara warga negara asing dengan warga negara perancis-nya sendiri,” papar Editha.

Selain itu, lanjut Editha, Perancis menjadi satu-satunya negara yang tidak berbahasa Inggris namun peminat warga negara asing selalu meningkat untuk berkunjung bahkan menetap disana. Hal ini tidak lepas dari destinasi wisatanya yang terletak di jantung kota. “Perancis jadi destinasi wisata utama di dunia. Jadi banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika melanjutkan pendidikan di Perancis,” pungkas Editha. (lrf/aw)

Share This