Gedung FITK, BERITA UIN Online – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (HJM-PBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar English Festival (E-Fest) 2018 bagi para pelajar dan mahasiswa se-Jabodetabek dan Banten. Festival tahunan tersebut dikuti oleh sekitar 900 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA serta perguruan tinggi.

E-Fest 2018 bertema “Excavating Potency, Creativity, and Courage with Millenials Through Englis Festival” itu digelar pada 2-10 Oktober 2018 di gedung FITK. Gelaran E-Fest berlangsung maraton sejak pagi hingga sore hari di beberapa venue.

Menurut Ketua Panitia E-Fest 2018 Arif Setiawan, kegiatan Festival mempertandingkan sedikitnya tujuh mata lomba, yaitu Spelling Bee, News Anchor, Story Telling, Speech, Writing, Debate, dan Essay. Namun, untuk pertandingan tersebut tidak semua mata lomba diikuti oleh masing-masing kategori. Pada kategori SMP, mata lomba yang dipertandingkan adalah  Spelling Bee, News Anchor, Story Telling, dan Speech. Kategori SMA mata lomba yang dipertandingkan adalah News Anchor, Story Telling, Writing, Debate, dan Speech. Sedangkan kategori perguruan tinggi mata lomba yang dipertandingkan adalah Speech, Debate, dan Essay.

“Karena peminat lomba cukup tinggi dan jumlah peserta juga banyak, sistem perlombaan diawali dengan babak penyisihan dan kemudian babak final,” katanya di gedung FITK, Senin (8/10/2018).

Arif lebih lanjut menjelaskan, pada tingkat SMP, peserta yang mendaftar mencapai 70 sekolah dengan 300 peserta, tingkat SMA sebanyak 53 sekolah dengan 554 peserta, dan tingkat perguruan tinggi sebanyak 13 perguruan tinggi dengan 21 peserta.

“Jumlah peserta dan perwakilan sekolah/perguruan tinggi tersebut tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Menurut Arif, E-Fest 2018 digelar selain merupakan program rutin tahunan HMJ-PBI, juga untuk mendorong para peserta lebih kreatif dan mahir berbahasa Inggris dalam berbagai bidang. Sekurangnya ada empat kemampuan berbahasa yang dapat diperoleh peserta dalam perlombaan tersebut, yaitu kemampuan membaca (reading skill), kemampuan menulis (writing skill), kemampuan menyimak (listening skill), dan kemampuan berbicara (speaking skill). Kegiatan festival, katanya, juga sekaligus untuk mengenalkan kampus UIN Jakarta ke masyarakat secara luas.

Para pemenang lomba akan diumumkan pada 10 Oktober 2018 mendatang. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, tropi, dan sertifikat. (ns)

Share This