Teater FAH, Berita UIN Online– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Jakarta gelar Seminar Kewirausahaan pada, Rabu (22/11), bertempat di Teater Prof Bustami Abdul Ghani FAH UIN Jakarta.

Kegiatan yang mengangkat tema Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa yang Kreatif, Mandiri, dan Inovatif ini, dihadiri antara lain oleh, M Husni Thamrin MA selaku Ketua Jurusan BSA UIN Jakarta, Lukman Hakim selaku Motivator Spiritual in Bussiness, M Iqbal Tawakal selaku International Franchise Owner, dan Andanu Ibrahim selaku CEO Primeccom, serta sejumlah mahasiswa FAH UIN Jakarta.

Dalam sambutannya, Husni sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Walaupun kita jurusan BSA, kemampuan dalam berwirausaha harus kita miliki juga. Apalagi kita sudah ada dalam zaman MEA tidak ada alasan lagi untuk tidak memulai berwirausaha,” ungkapnya.

Menurut Fadli selaku Ketua HMJ BSA, bahwa tujuan acara ini untuk meningkatkan motivasi wirausaha mahasiswa demi menciptakan karakter mandiri, dan dapat mengubah pola fikir berwirausaha yang sulit.

“Mudah-mudahan pasca kegiatan ini motivasi mahasiswa BSA khususnya dapat meningkat untuk mulai berusaha,” tambahnya.

Dalam acara yang sama, Lukman menjelaskan pertumbuhan tenaga kerja yang terus meningkat, tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia menambah semakin tingginya persaingan dalam mencari pekerjaan. Akibatnya angka pengangguran terus bertambah dan semakin jauh dari kemakmuran.

“Seorang sosiolog bernama David McCleland mengemukakan bahwa, apabila sebuah negara ingin menjadi makmur, minimal sejumlah 2% dari prosentase keseluruhan penduduk di negara tersebut menjadi wirausahawan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Iqbal mengungkapkan sebagai jumlah Muslim terbesar di dunia, hal ini menjadi tantangan untuk Indonesia. “Selanjutnya yang harus kita fikirkan bagaimana Islam mampu menyumbangkan para enterpreneur yang handal sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan memberantas kemiskinan di Indonesia,” tandasnya.

Dari pantauan tim BERITA UIN Online di tempat acara, terlihat para peserta yang hadir begitu antusias mengikuti jalannya acara. Tidak hanya mendengarkan, namun beberapa dari peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membuat suasana acara menjadi komunikatif. (lrf/sf)

Share This