Gedung FU, BERITA UIN Online – Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir-Hadis se-Indonesia (FKMTHI) akan menggelar Festival Nusantara Qur’an-Hadis pada 25-27 September 2018 di kampus UIN Jakarta. Acara tersebut digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-18 FKMTHI dan pengembangan keilmuan Islam.

Demikian dikemukakan Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Yusuf Umar kepada BERITA UIN Online di gedung Fakultas Ushuluddin (FU), Selasa (18/9/2018). Umar mengatakan, Festival Nusantara Qur’an-Hadis bertujuan untuk memperluas cakrawala ilmu al-Qur’an dan ilmu hadis di kalangan mahasiswa. Selain itu juga untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah antarmahasiwa jurusan Qur’an dan Hadis se-Indonesia.

“Kami juga berharap festival ini menjadi ajang saling menukar informasi dan keilmuan, sehingga menambah khazanah keislaman,” katanya.

Festival bertajuk “Mencetak Generasi yang Berjiwa Qur’ani dan Nasionalis” itu akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya berupa saresehan, perlombaan, sharing motivasi, bedah buku, dan santunan anak yatim. Acara juga akan menampilkan sejumlah tokoh ulumul Qur’an ternama, seperti Prof Dr HM Quraish Shihab, Prof Dr Nasaruddin Umar, Prof Dr Said Aqil Husin Al Munawwar, dan Prof Dr Akhsin Sakho Asyrofuddin.

Menurut Umar, Festival akan dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta se-Indonesia. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dan swasta, khususnya dari masing-masing jurusan tafsir-hadis. Selain itu, akan hadir pula undangan lain, termasuk para peminat ‘ulumul Qur’an dan ‘ulumul hadis, baik dari kalangan mahasiswa maupun umum.

“Insya Allah, festival yang digelar di kampus UIN Jakarta sebagai tuan rumah ini akan berjalan sukses dan lancar. Kami mengharapkan dukungan serta doa dari semua kalangan, terutama mahasiswa dan alumni UIN Jakarta, agar kegiatan ini berlangsung dengan baik,” ujarnya.

FKMTHI berdiri pada tahun 2000 (waktu itu) di IAIN Yogyakarta. Organisasi ini sebagai wadah silaturahmi mahasiswa jurusan tafsir-hadis sekaligus pengembangan keilmuan Islam, khususnya dalam bidang ilmu al-Qur’an dan hadis. Kegiatan FKMTHI selain berorientasi pada pengembangan keilmuan Islam di Indonesia, juga masalah-masalah sosial kemasyarakatan dan kepemudaan. (ns)

Share This