Gd.FISIP, BERITA UIN Online— Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta menyelenggarakan studium general dengan mengangkat tema tentang Struktur Membangun Kultur Pembangunan Infrastruktur Dalam Membangun Budaya Perkotaan. Acara yang berlangsung pada, Kamis (18/10) ini, dimulai pukul 09.00–12.00 WIB, bertempat di Aula Madya FISIP UIN Jakarta.

Hadir sebagai naraseumber pada acara tersebut, Dr Yayat Supriatna MSP, seorang pengamat perkotaan, sekaligus dosen Teknik Planologi, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, Universitas Trisakti, serta moderator Saifudin Asrori MSi (Dosen FISIP UIN Jakarta).

Dalam pemaparannya Yayat Supriatna menegaskan bahwa suatu kota dapat dikatakan maju apabila masyarakatnya dilayani dengan baik oleh pemerintah. Ia juga menyinggung komponen yang mempengaruhi perilaku masyarakat, yakni struktur, kultur, dan proses sosial.

“Dalam aspek sosial Masyarakat makin familiar dengan teknologi informasi & lebih berorientasi pada konsumsi dari pada produksi,” ujar Yayat.

Ditambahkannya, dalam aspek politik ekonomi dan pertukaran ekonomi yang dikuasai keinginan bukan kebutuhan. Selanjutnya, kekuatan industri menciptakan keinginan konsumen yang tidak pernah puas. “Pasar memiliki peran besar, menciptakan pasar yang baru (trend) atau mengikuti yang sudah ada, apapun diperdagangkan termasuk manusia,” tandas Yayat sekaligus mengahiri paparannya.

Sebagai informasi, acara yang dibuka oleh Kepala Proogram Studi Sosiologi Dr Cucu Nurhayati MSi tersebut, berlangsung meriah dan komunikatif. Mahasiswa banyak mengajukan pertanyaan sekaligus tanggapan terhadap materi yang disampaikan narasumber. Kemudian, acara tersebut akan diagendakan tiap tahun FISIP UIN Jakarta dalam bentuk diskusi panel. (lrf)

Share This