Aula FDI, BERITA UIN Online—Fakultas Dirasat Islamiah (FDI) UIN Jakarta menyelenggarakan pelatihan pemulasaraan Jenazah kepada sedikitnya 100 orang anggota Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (13/01). Pelatihan yang bertempat di Aula Lantai 2 FDI itu, dihadiri perwakilan pemerintah kota dan  pihak Permata Bank Syariah selaku sponsor kegiatan tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan hasil kerjasama FDI dengan DMI tahun 2017 tersebut, menghadirkan beberapa narasumber antara lain, Dr Sahabuddin Lc MA (Dosen Ilmu Hadis), dan Dr Rusli Hasbi Lc MA (Dosen Ilmu Fiqih).

Dalam kesempatan tersebut, secara umum para narasumber menyampaikan materi tentang tatacara memandikan jenazah, mengkafani, menshalatkan, dan menguburkan. Meskipun banyak peserta pelatihan sudah terbiasa dengan pekerjaan tersebut tetapi nyatanya banyak hal yang baru diketahui, misalnya perbedaan antara mayat dan jenazah, hukum membacakan do’a setelah menshalati jenazah, cara mengangkat dan membawa jenazah ke liang kubur dan lainnya.

Para pemateri juga menyampaikan tata cara pemulasaraan dengan perbedaan-perbedaan antar berbagai mazhab dan budaya, sehingga para peserta benar-benar banyak yang mendapatkan ilmu baru.

Kepada BERITA UIN Online, salah satu panitia acara mengatakan, bahwa kegiatan tersebut baru ada juga baru launching. Dimana, ke depannya akan diadakan lagi dengan sesi perkelas-kelas kecil, sehingga para Anggota DMI benar-benar mampu memulasara jenazah secara baik dan benar. (lrf/as).

Share This