Gedung SPs, BERITA UIN Online – Direktur Sekolah Pasacsarjana (SPs) UIN Jakarta Jamhari Makruf membuka resmi penyelenggaraan forum International Colloquium on Interdiciplinary Islamic Studies (ICIIS) ke-2 tahun 2019 di Auditorium SPs UIN Jakarta, Kamis (7/11/2019). Pembukaan ICIIS sekaligus mengawali sesi penyampaikan makalah pertama dari para peserta mengenai perkembangan masyarakat Islam dan transformasi sosial.

Jamhari mengatakan, ICIIS digelar untuk memberikan kesempatan bagi para akademisi menyampaikan gagasan dan pemikirannya tentang berbagai bidang keilmuan dalam Islam. Pemikiran keislaman tersebut merupakan hasil eksplorasi penelitian maupun pengalaman para akademisi di berbagai kesempatan.

“Dari beragam makalah yang dipresentasikan nanti akan dipilih untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah terindeks Scopus,” katanya.

Menurut Jamhari, forum ICIIS sangat positif untuk mentradisikan para akademisi menyampaikan pemikirannya mengenai Islam dan ilmu pengetahuan, baik dari hasil penelitian lapangan maupun studi pustaka. Forum juga sekaligus untuk mendorong para akademisi mengkaji keilmuan Islam secara lebih luas dan mendalam sesuai sudut pandang keahlian masing-masing.

“Forum ICIIS sangat positif serta perlu diadakan secara berkala dan berkesinambungan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

ICIIS ke-2 bertajuk “Moslem Society and Transformation Social” yang digelar hingga 8 November 2019 ini juga menampilkan pembicara kunci Takeshi Kohno, profesor ahli ilmu politik dari Toyo Eiwa University, Yokohama, Jepang, berjudul “How Far is Too Far? Learning from Suharto’s Politics Towards Three “Extreme”: Islamism, Leftism and Regional Separatism”. Selain Takeshi Kohno, pembicara kunci lain adalah Kevin W Fogg dari University of Oxford Inggris dengan judul “Mass Islamic Organizations in Indonesia as Drivers of Social Tranformation” yang akan tampil di hari kedua.

ICIIS ke-2 digelar atas kerja sama SPs UIN Jakarta dengan Universitas Paramadina dan Universitas Islam Djakarta. Forum ilmiah ini mendiskusikan sedikitnya 60 makalah dengan beragam topik kajian Islam. Topik-topik tersebut meliputi Qur’an dan Hadis; Hukum Islam dan Lembaga Sosial; Literatur, Teks, dan Ekonomi Islam; Tasawuf dan Pemikiran Islam; serta Pendidikan Islam. Penyajian makalah peserta ICIIS digelar secara paralel selama dua hari sesuai dengan topik kajian masing-masing. (ns)

Share This