Lapangan Utama, BERITA UIN Online – Lebih dari 6.000 mahasiswa baru UIN Jakarta tahun akademik 2019/2020 mengikuti gladi bersih upacara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Lapangan Utama, Selasa (26/8/2019). Gladi bersih bertujuan agar pelaksanaan PBAK yang akan digelar Selasa (27/8/2019) besok berjalan lancar.

Acara gladi bersih dipimpin langsung Rektor UIN Jakarta Amany Lubis. Turut menyaksikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Andi Faisal Bakti, serta sejumlah dekan fakultas.

“Kita mengadakan gladi bersih agar tidak ada kesalahan-kesalahan fatal saat digelar pembukaan PBAK besok (Selasa),” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer yang berada di lokasi upacara.

Sebelumnya, saat rapat koordinasi panitia di Ruang Diorama, Kamis (22/8/2019), Masri mengatakan, kegiatan PBAK rutin digelar bagi mahasiswa baru di UIN Jakarta. Kegiatan tersebut bersifat wajib tanpa terkecuali. Jika mahasiswa tidak mengikuti PBAK, jelasnya, ia tak boleh mengikuti ujian munaqasah karena belum memiliki sertifikat PBAK.

“Jadi, setiap mahasiswa wajib ikut (kegiatan PBAK),” tandasnya.

Pada acara gladi bersih yang diikuti mahasiswa baru dari 12 fakultas itu, seluruh mahasiswa mengenakan berbagai atribut fakultas masing-masing. Mereka juga mengenakan baju batik serta berkopiah bagi pria.

Gladi bersih upacara pembukaan PBAK diikuti dengan sikap semangat dari para mahasiswa baru. Hal itu terlihat dari sejak awal memasuki lapangan, mereka tak henti-hentinya untuk bernyanyi dan meneriakkan yel-yel.

Bahkan saat Rektor UIN Jakarta Amany Lubis memasuki lapangan untuk memimpin gladi bersih dan memberi semangat, mereka juga tak henti-hentinya bertepuk tangan.

Sesuai jadwal, rangkaian acara inti pembukaan PBAK di antaranya diawali dengan pengibaran bendera UIN Jakarta. Setelah itu peresmian pembukaan PBAK oleh Rektor Amany Lubis dengan memukul gong dan pelepasan burung ke udara. Acara berikutnya berupa penyematan tanda peserta dan pembacaan naskah ikrar mahasiswa oleh mahasiswa baru.

Acara ditutup dengan sambutan Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dan doa oleh mahasiswa. Seusai upacara pembukaan, peserta kemudian akan diberikan informasi mengenai kegiatan akademik dan kemahasiswaan di fakultas masing-masing. (ns)

Share This