Serpong, BERITA UIN Online— Sebanyak 52 Jurnal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) terakreditasi akan diskusikan pada ajang Annual International Conference for Islamic Studies (AICIS) 2017.

AICIS ini menjadi bagian dari rangkaian International Islamic Education Expo (IIEE) yang digelar di ICE, BSD Tangerang, Selasa-Jumat (21-24/11).

“Untuk memperkuat publikasi ilmiah bereputasi, AICIS tahun ini setiap paper diharuskan terbit dalam jurnal ilmiah terakreditasi. Sistem chair dipilih AICIS tahun ini karena chair sebagian editor-in chief jurnal bereputasi di PTKI,” jelas Ketua Panitia AICIS Mamat S. Burhanudin saat rapat koordinasi panitia di Jakarta.

Hal serupa ditegaskan Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat M Zain. Menurutnya, sesuai surat dan arahan Direktur, 52 pengelola jurnal terakreditasi diundang dalam AICIS tahun ini.

“Kinik jurnal akan dilakukan juga untuk penguatan jurnal internasional di PTKI yang semakin bergeliat,” ujarnya.

Di antara jurnal terakreditasi itu adalah Al-Jami’ah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Studia Islamika (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Journal of Indonesian Islam (UIN Sunan Ampel Surabaya). Ketiga jurnal ini juga sudah terindeks Scopus bidang humaniora dan ilmu sosial keagamaan.

Kehadiran 52 jurnal terakreditasi ini diharapkan akan menambah geliat progresif dari AICIS. AICIS akan selalu up date terhadap perkembangan dunia akademik dan teknologi informasi-publikasi. (lrf/mem/kemenag.go.id)

Share This