Syahida Inn, Berita UIN Online – UIN Jakarta kembali menjadi tuan rumah Konferensi Nasional Alumni UIN se-Indonesia yang diselenggrakan di gedung Syahida Inn, Kampus II UIN Jakarta. Acara yang digelar tanggal 21 hingga 22 Maret 2018 ini merupakan pertemuan kedua kalinya setelah tahun lalu sukses menggelar acara serupa.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikaluin, Ahmad Zacky Siradj mengatakan, Konferensi alumni UIN se-Indonesia bertujuan untuk menguatkan sinergi dari alumni UIN yang berkiprah diseluruh aspek masyarakat. Terlebih para alumni tidak hanya berkiprah dibidang akademik tapi juga berkiprah dibidang kewirausahaan, ekonomi, media massa, seni budaya dan politik.

“Dalam kaitan ekonomi misalnya, kewirausahaan, alumni lulusan UIN ternyata masuk ke berbagai sektor-sektor ekonomi dan kalau kekuatan alumni UIN itu disinergikan, ini akan menjadi suatu kekuatan ekonomi yang besar,” kata Zacky.

Pria yang saat ini menjadi salah satu anggota DPR RI menambahkan, jika alumni UIN memiliki idealisme yang relatif sama dan memilki kepribadian berintegritas tinggi akan memberikan warna tersendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“ Menurut saya alumni UIN merupakan penerus yang sah dalam meneruskan perjuangan di bidang politik kenegaraan maupun di bidang pengembangan kewirausahaan,” tambah Zacky.

Di tempat yang sama, Rektor UIN Jakarta, Dede Rosyada menyambut positif diadakannya Konferensi Alumni UIN se-Indonesia ini. Hal ini tentunya akan menginspirasi bagaimana alumni bisa memberikan feedback yang besar dan bermanfaat bagi almamaternya, khususnya UIN.

“UIN diharapkan bisa going forward atau naik lebih cepat dibandingkan dengan institusi-institusi keagamaan lainnya dibawah kementerian agama,” papar Dede.

Konferensi ini sendiri diikuti oleh utusan dari 17 Universitas Islam Negeri yang ada di Indonesia, diantaranya UIN Makassar, UIN Banjarmasin, UIN Banda Aceh, UIN Padang, UIN Mataram, UIN Malang, UIN Palembang, UIN Bandar Lampung, UIN Banten, UIN Sultan Pekanbaru, UIN Jambi, UIN Medan, UIN Surabaya, UIN bandung, UIN Yogyakarta, UIN Semarang dan UIN Jakarta. (lrf/aw)

Share This