Jakarta, BERITA UIN Online— Direktorat Kurikulum, Sarana, Kesiswaan, dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah akan mengadakan Kompetisi Robotik Madrasah 2017. Event yang digelar di ICE BSD Serpong ini dihelat pada, Kamis (23/11).

Acara ini merupakan rangkaian kemeriahan Pameran Pendidikan Islam Internasional atau International Islamic Education Expo (IIEE) 2017, yang juga merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan AICIS 2017.

Data yang diperoleh BERITA UIN Online melalui laman kemenag.go.id tercatat, bahwa sampai penutupan masa pendaftaran, pada 13 November 2017, jumlah pendaftar mencapai 152 tim. Jumlah ini melebihi kapasitas  kuota yang tersedia, yaitu 83 tim untuk tingkat MI, MTs dan MA.

Masih dari sumber yang sama, Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar mengatakan, karena keterbatasan kuota, panitia Kompetisi Robotik Madrasah 2017 melakukan proses seleksi pendaftar hingga terpilih 83 tim.

“Kami ucapkan berterima kasih kepada seluruh siswa-siswi madrasah yang telah mendaftarkan diri pada Kompetisi ini. Kami juga ucapkan selamat kepada tim yang lolos seleksi,” ujarnya.

Masih menurut Umar, pihaknya juga minta maaf kepada tim yang belum lolos, yang tidak terseleksi karena terbatasnya kuota. “Insyaallah, tahun depan kuota akan kami tambah,” tandas A. Umar.

Sebagai informasi, Kompetisi Robotik Madrasah ini akan digelar di Foyer Hall 2 Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten. Sebanyak 83 tim terpilih terdiri dari 18 Tim Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot) tingkat MI, 17 tim Kategori Robot Ekspendisi tingkat MTs, 13 tim Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot) tingkat MTs, 17 tim Kategori Self-Driving Car tingkat MA, dan 18 tim Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot) tingkat MA. Kesemua tim tersebut akan berkompetisi memperebutkan gelar juara dalam tiap kategori. (lrf/kemenag.go.id)

Share This