Warek II: Semua Unit Sudah Harus ISO

DI8W5213Rg. Diorama, BERITA UIN Online— Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Abdul Hamid MS meminta seluruh unit di lingkungan UIN Jakarta segera menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001. Penerapan SMM ISO diharap memacu setiap unit meningkatkan kualitas pelayanan kepada masing-masing pemangku kepentingan.

Demikian disampaikan Hamid saat menutup Audit Mutu Eksternal Implementasi SMM ISO UIN Jakarta di Ruang Diorama, Selasa (28/06). “Saya berharap seluruh fakultas ke depannya sudah harus menggunakan SMM ISO. Penerapannya untuk kepentingan kita sendiri, meningkatkan kualitas layanan,” ujar Guru Besar Ekonomi ini.

Diketahui, beberapa fakultas dan unit di lingkungan UIN Jakarta belum menerapkan SMM ISO meski sejak tiga tahun terakhir, sebagian besar fakultas dan unit sudah menerapkan SMM ISO. Sistem ini sendiri menjadi pedoman fakultas dan unit dalam memberikan pelayanan secara efisien, efektif, dan terukur.

Lebih jauh, Hamid juga berharap fakultas dan unit yang sudah menerapkan SMM ISO bisa terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Ia meminta temuan Tim Audit Mutu Eksternal SMM ISO bisa menjadi pijakan untuk selalu mengoreksi dan memperbaiki mutu layanan.

Diketahui, Tim Audit Mutu Eksternal SMM ISO yang melakukan audit beberapa hari terakhir menemukan sejumlah temuan kekurangan pelayanan publik di beberapa fakultas dan unit pelaksana SMM ISO.  Tim merekomendasikan perbaikan temua paling lambat dalam dua bulan ke depan. “Lebih dari dua bulan, (SMM ISO UIN Jakarta) bisa di-suspend,” bunyi rekomendasinya. (hmn/zm/fa)