UKM Pramuka Ajar Anak-anak Pemulung

159

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Jakarta menggelar kegiatan mengajar bagi anak-anak pemulung di kawasan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan ini merupakan program kerja bidang sosial budaya dan agama UKM bekerja sama dengan Yayasan Al-Hakim.

Ciputat, BERITA UIN Online— Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Jakarta menggelar kegiatan mengajar bagi anak-anak pemulung di kawasan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan ini merupakan program kerja bidang sosial budaya dan agama UKM bekerja sama dengan Yayasan Al-Hakim.

Wahyu Fahmi Rizaldy, Ketua UKM Pramuka UIN Jakarta, kepada Berita UIN Online, Rabu (6/4/2017) mengatakan kegiatan ini merupakan program rutin tahunan UKM-nya sejak 2012 lalu. Setiap tahunnya, UKM Pramuka UIN Jakarta menerjunkan relawan yang terdiri dari anggotanya untuk mengajar.

Dalam amatan Berita UIN Online, tak kurang dari 15 orang anak didik diajar relawan setiap hari Senin sampai Jumat. “Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang tidak bersekolah karena kekurangan. Setiap hari biasanya membantu orang tua dengan memulung sampah,” katanya.

Mengingat masih banyaknya anak-anak pemulung yang tidak dapat menikmati pendidikan, Wahyu menambahkan, kegiatan ini menjadi sangat penting dan bermanfaat untuk terus dilakukan. Untuk itu, kata dia, pihaknya menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin sejak lima tahun terakhir.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan. Sebab UKM Pramuka bukan hanya sebagai organisasi kampus di UIN Jakarta, melainkan bertanggungjawab melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anak yang kuran mampu namun semangat belajarnya tinggi,” katanya lagi. (Farah/Zuhrotul Uyun/Yuni Nurkamaliah/ZM)