UKM Bahasa-FLAT Gelar Scrabble Workshop

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

159Ruang American Corner, BERITA UIN Online— Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Foreign Languanges Association (FLAT) UIN Jakarta bersama American Corner menyelenggarakan “Scrabble Workshop”.  Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program kerja FLAT memasyarakatkan permainan scrabble, menyusun kata dalam sebuah papan, di lingkungan civitis akademika. Kegiatan ini dilaksanakan pada, Jumat (26/05), bertempat di ruang American Corner.

Hadir dalam kegiatan Kepala Pusat Perpustakaan UIN Jakarta Amrullah Hasbana, Staff Skill Development Departement UKM Bahasa-FLAT/Delagasi UIN Jakarta dalam perlombaan scrabble  tingkat nasional BNEC Open 2017 Riki Hanafy, Ketua Umum UKM Bahasa-FLAT Alif Waisal, dan panitia serta  peserta workshop scrabble.

Dalam sambutannya, Amrullah menjelaskan fasilitas-fasilitas American Corner yang dapat digunakan untuk civitas akademika. “American Corner menyediakan berbagai sarana prasarana selain scrabble yang sedang berlangsung ini, terdapat education movie, discussion room yang dapat menunjang kegiatan berbahasa inggris bagi civitas akademika UIN Jakarta,” ujar Amrullah.

Ditambahkannya, permainan scrabble dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan berbahasa inggris. Setidaknya terdapat dua syarat utama dalam bermain scrabble, yaitu harus kaya akan kosa kata atau vocabular dan mempunyai kemampuan spelling yang baik.

“FLAT dapat menjadi model sekaligus pionir yang mempromosukan permainan-permainan yang ada di UIN Jakarta, bahkan sampai dengan menyelenggarakan perlombaan. Harapannya bermula dari bermain scrabble, kemudian dapat merambah ke artike-artikel, dan kemudian jurnal-jurnal,” pukas Amrullah.

Di tempat sama, Riki memaparkan mengenai arti scarabble. “Scrabble merupakan permaianan kata-kata yang dimainkan oleh 2, 3, atau 4 peserta,  dalam waktu tertentu secara bergilir. Setiap pemain berusaha membentuk kata-kata yang saling berhubungan di atas papan, permainan dengan menggunakan tiles yang masing-masing mempunyai angka tertentu,” jelas Riki.

Ditambahkan Riki, permainan scrabble mempunyai menfaat yang banyak. Bermain scrabble dapat menambah kosa kata bahasa inggris, meningktkan interaski sosial, mengajarkan untuk berhitung cepat, dan meningkatkan daya linguistik. “Bermain scrabble juga dapat meningkatkan berfikir strategi dan daya imajinasi dalam menemukan kata-kata baru,” papar Riki.

Ketua Umum UKM Bahasa-FLAT, memaparkan bahwa setelah menyelanggarakan workshop ini, akan diadakan Scrabble On The Roadshow (SOTR). SOTR bertujuan untuk mempromosikan permainan scrabble dengan bermain bersama-sama, kegiatan ini diselenggarakan empat kali selama bulan ramadhan, yaitu (31/05) bertempat di Lobi FITK, (02/06) bertempat di Lobi FU, (07/06) bertempat di Lobi  FST, dan (12/06) bertempat di Lobi FISIP.

“Kegiatan puncaknya adalah The Nationals Scrabble Tournament, kompetisi scrabble tingkat nasional untuk pelajar dan mahasiswa pada 15-16 Juli mendatang, yang akan diselenggarakan di UIN Jakarta,” jelas Alif. (ar/zm)