UIN Jakarta Raih Peringkat 3 Google Scholar Citation Nasional

googlescholarRektorat, Berita UIN Online – UIN Jakarta berhasil meraih peringkat 3 pada Google Scholar Citation perguruan tinggi Nasional edisini desember 2016. Posisi ini menempatkan UIN Jakarta pada posisi pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Menurut data dari halaman webometric (http://www.webometrics.info/en/node/169),  Jumat, (201/1/2017), Posisi UIN Jakarta berada tepat dibawah Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan diatas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Untuk di lingkungan PTKIN sendiri, posisi UIN Jakarta jauh diatas posisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Diketahui, Google Scholar Citations merupakan pengukuran yang didasarkan hasil penelitian para ilmuwan sebuah perguruan tinggi dan pengutipan atas produk-produk penelitian tersebut.

Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada MA sebelumnya mengungkapkan Google Scholar Citations salah satu skala pengukuran yang dipertimbangkan dalam pengembangan UIN Jakarta kini dan mendatang. Menurutnya, pengutipan atas karya akademik dosen merupakan salah satu indikator penting agar UIN Jakarta semakin dapat diakui oleh dunia. (lrf/usa)