UIN Jakarta Kembali Buka Pendaftaran Sandwich Program ke WSU Australia

UIN-UWSGedung Rektorat, BERITA UIN Online– UIN Jakarta melalui Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) kembali membuka Sandwich Program (SP/Program Sisipan) selama satu semester di Western Sydney University (WSU) pada 2017 mendatang.

“Setelah pelaksanaan SP pada 2015 dan 2016 di WSU berjalan sukses, UIN Jakarta-WSU kembali membuka program ini untuk 2017 mendatang untuk tiga semester,” ujar Kepala PLKI Rachmat Baihaky di ruang kerjanya, Rabu (21/12/2017).

Seluruh fakultas di UIN Jakarta, lanjutnya, dapat mengikutsertakan mahasiswanya di program ini. Disebutkannya, syarat yang akan diikutsertakan antara lain untuk mahasiswa semester tiga, lima, dan tujuh.

“Mereka akan belajar di sana untuk semester empat, enam dan delapan. Setelah selesai, mereka lanjut ke semester lima, tujuh, dan sembilan di UIN Jakarta. Standard kurikulum mengikuti/disesuaikan dengan yang ada di jurusan/fakultas masing-masing,” imbuh Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi itu.

Syarat selanjutnya, Baihaky menguraikan, calon peserta harus memenuhi standar skor TOEFL 600, berlaku untuk semua fakultas yang kurikulumnya sudah disinkronkan (terutama dengan UIN Jakarta), kecuali Fakultas Dirasat Islamiyah.

Ditambahkannya, karena program ini terlaksana atas kerja sama UIN Jakarta-WSU Australia, maka calon peserta yang lolos seleksi tidak dikenakan biaya apapun, semua ditanggung universitas.

“Untuk calon peserta yang tidak lulus seleksi, tetap dapat mengikuti program ini dengan biaya sendiri, dengan catatan memiliki skor TOEFL 600,” tandas Baihaky.

Biayanya, lanjutnya, sebesar Rp 110.900.000 (seratus sepuluh juta sembilan ratus ribu rupiah) dengan rincian uang SPP plus akomodasi dengan diskon hampir 50%, great deal, tiket pesawat pp, uang bulanan AUSD 400/bulan dengan hitungan kurs AUSD 9500 per satu dollar, dan asumsi ongkos pesawat Rp 14 juta pp.

Baihaky menegaskan, keuntungan dari mengikuti SP ini, selain mendapatkan pengalaman internasional, peserta akan mendapatkan jaminan untuk melanjutkan ke tingkat Master Degree setelah lulus dari UIN Jakarta di WSU.

“Untuk pendaftaran, silahkan langsung menghubungi Kantor PLKI, 021-7401925 ekstensi 1830 dan pendaftaran terakhir sampai Februari 2017,” pungkasnya.