UIN Jakarta Ingin Perkuat Kemampuan Bahasa Inggris Akademik

Prof Arskal Salim bersama Ass. Prof. Sherry Camden-Anders dan rombongan dari Alliant International University, USA, di Ruang Sidang Utama, Senin(17/10/2016).

Prof Arskal Salim bersama Ass. Prof. Sherry Camden-Anders dan rombongan dari Alliant International University, USA, di Ruang Sidang Utama, Senin(17/10/2016).

Ruang Sidang Utama, Berita UIN Online– UIN Jakarta ingin para dosen-peneliti di lingkungannya bisa memperkuat penguasaan bahasa Inggris akademik mereka. Ini diperlukan agar karya-karya akademik mereka seperti buku dan laporan riset bisa terpublikasikan dalam bahasa yang digunakan mayoritas akademisi dunia.

Demikian disampaikan para pimpinan UIN Jakarta saat menerima Ass. Prof. Sherry Camden-Anders dan rombongan dari Alliant International University, USA, di Ruang Sidang Utama, Senin(17/10/2016). Sherry dan tim rencananya akan menjadi narasumber Seminar Internasional Fakultas Psikologi Mental Health and Challenging Work Experience for Psychology Graduates, Selasa (18/10/2016).

Wakil Dekan Bidang Akademik FITK Dr. Muhammad Zuhdi MA mengungkapkan minat penulisan buku dan artikel akademik kalangan dosen UIN Jakarta akhir-akhir ini makin meningkat. Problemnya, sebagian besar para akademisi belum terbiasa menulis dalam bahasa Inggris akademik yang baik.

“Ini menjadi pekerjaan rumah yang semoga bisa diatasi. Kami berharap Prof Sherry dan tim bisa memberikan saran terbaik atas hal ini,” katanya.

Senada dengan Zuhdi, Ketua Program Magister Fakultas Psikologi Dr. Yunita Faela M.Si mengakui, problem penulisan karya akademik dosen adalah masih terbatasnya kemampuan bahasa Inggris akademik. Ini menyebabkan karya akademik mereka sulit terpublikasikan dalam penerbitan internasional.

Insya Allah Prof Sherry besok akan berbagi wawasan tentang penguasaan bahasa akademik tersebut. Kami harap para rekan dosen dan peneliti bisa memanfaatkan kesempatan beliau yang datang dan berbagi besok,” katanya.

Diketahui, selain Prof Cherry, Seminar Internasional “Mental Health and Challenging Work Experience for Psychology Graduates” juga akan dinarasumberi Dosen UIN Jakarta Bahrul Hayat Ph.D dan Prof. Dr. Panos Vostanis dari Leicester University Inggris. (usa/hmn)