UIN Jakarta Ikut Resmikan Smart Village

DI8W8242

Pondok Ranji, Berita UIN Online— UIN Jakarta turut berpartisipasi dalam peresmian Smart Village yang diresmikan Wali Kota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany MH bersama Ketua Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Prof. Dr. Din Syamsuddin di Kantor Kelurahan Pondok Ranji, Kamis (26/01/2016). Kehadiran Smart Village sendiri diharapkan dapat memajukan tingkat ekonomi dan pendidikan masyarakat Indonesia yang berada di desa yang tertinggal.

Turut hadir dalam peresmian Menteri Dalam Negeri Indonesia Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah, Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Dari UIN Jakarta, turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Fadhilah Suralaga M.Si, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr.  Murodi MA, dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Djaka Badranaya S.Ag., ME.

Kepada Berita UIN Online, Djaka mengungkapkan apresiasi UIN Jakarta atas peresmian Smart Village. Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tugas tri dharma, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Keikutsertaan ini merupakan wujud pelaksanaan tri dharma dengan cara bersinergi dengan Pemkot Tangsel dan PIM,” ujarnya.

Secara teknis, tutur Djaka, sinergi nantinya akan dikordinasikan PPM UIN Jakarta dengan PIM. Kordinasi menyangkut perumusan program dan eksekusi kegiatan. Terlebih PPM sendiri memiliki program desa mitra.

PPM sendiri menargetkan pengiriman 54 orang dosen UIN Jakarta untuk melakukan pendampingan di desa mitra sepanjang tahun 2017. Sepanjang tahun lalu, PPM UIN Jakarta telah melaksanakan pembinaan desa mitra di delapan kelurahan di wilayah Tangerang Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Airin mengajak seluruh lembaga pemerintahan, sosial, dan pendidikan untuk bersama-sama memajukan sumber daya manusia dan lingkungan di wilayah penyangga ibu kota ini. Sebagai informasi, Tangsel merupakan wilayah pertama di Indonesia yang menerapkan konsep Smart Village. (Farah NH-usa/zm)