UIN Jakarta Gelar Seminar Deradikalisme Dunia Maya

Auditrium Utama, Berita UIN Online— UIN Jakarta dan Rapper Indonesia menggelar seminar ‘Deradikalisme Dunia Maya’, Kamis (28/01). Acara ini bertujuan mencegah tersebarluasnya paham radikal dan terorisme di dunia maya yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan NKRI.

Acara seminar sekaligus pelantikan pengurus baru Lembaga Kemahasiswaan Tingkat Universitas periode 2016 ini, bertema Bagaimana Memerangi Radikalisme di Media Sosial?.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA mengapresiasi seminar deradikalisme ini, dan menegaskan bahwa UIN Jakarta menentang segala bentuk kekerasan, radikalisme, dan terorisme tumbuh dan berkembang di kampus UIN Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“UIN Jakarta menentang segala bentuk radikalisme dan terorisme, menjadi kewajiban semua lini untuk menjaga stabilitas NKRI agar tetap damai dan sejahtera. Kami, lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk mencetak generasi yang religius, santun, dan berakhlak mulia,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama RI Drs H Lukman Hakim Saifudin mempertegas tentang keharusan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk bersama mencegah penyebarluasan paham-paham radikalisme dan terorisme di dunia maya.

“Dalam beragama harus mengakar (radikalism), akan tetapi membunuh sesama mengatasnamakan agama tidak pernah dibenarkan,” tegas Lukman.

“Perlu adanya langkah konkret dari semua pihak dalam mencegah paham-paham radikalisme dan terorisme melalui media sosial di Indonesia. Selain itu, dukungan media mainstream sangat diperlukan dalam melakukan kampanye itu agar seluruh elemen masyarakat menerima informasi bahwa aksi radikalisasi dan terorisme adalah keliru,”tambahnya. (SF/LRF)