UIN Jakarta Gelar “Ramadlan in Campus”

159

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak saat menyampaikan ceramah agama di Masjid Al-Jamiah gedung Student Center, Selasa (6/6/2017). Ceramah tersebut digelar dalam rangkaian kegiatan “Ramadlan in Campus” 1438 H.

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Guna mensyi’arkan ibadah puasa Ramadlan 1438 H, UIN Jakarta menggelar rangkaian kegiatan keagamaan yang dikemas dalam “Ramadlan in Campus”. Kegiatan Ramadlan dipusatkan di masjid kampus dan diisi dengan beberapa kegiatan antara lain ceramah agama, buka puasa bersama, dan musabaqah murattal Qur’an (MMQ) antarpegawai UIN Jakarta.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Ramadlan in Campus Drs Syamsul Arifin MPd kepada BERITA UIN Online di gedung Rektorat, Selasa (6/6/2017). “Ramadlan ini bulan baik, selain beribadah puasa, kita harus semarakkan juga dengan kegiatan positif lain agar syiar Islam lebih terlihat di kampus,” ujarnya.

Menurut Syamsul, kegiatan Ramadlan in Campus akan berlangsung selama sebulan dan diisi dengan beberapa kegiatan.  Ceramah agama akan berlangsung setiap hari selepas shalat Zuhur dengan narasumber dari para dosen dan pejabat UIN Jakarta secara bergantian. Waktu ceramah sekitar tujuh menit yang diawali dengan shalat berjamaah di Masjid Al-Jami’ah gedung Student Center.

Kegiatan lain berupa MMQ yang akan digelar pada 13 Juni 2017 di tempat yang sama. MMQ ini hanya melibatkan pegawai sebagai peserta dengan utusan masing-masing dari fakultas. Peserta MMQ tidak dalam bentuk tilawah atau melagukan ayat-ayat al-Qur’an melainkan hanya murattal bacaan. “Dalam MMQ ini, kita hanya ingin tahu seberapa bagus dan tepat bacaan para pegawai UIN Jakarta tatkala mereka membaca al-Qur’an,” ujarnya.

Syamsul lebih lanjut menjelaskan, untuk menjalin silatutahmi antarsivitas akademika UIN Jakarta, panitia juga akan mengundang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto pada buka puasa bersama dengan pimpinan pada 13 Juni 2017. Bahkan dalam waktu bersamaan, juga akan digelar festival makanan takjil dari masing-masing fakultas.

“Tapi kehadiran beliau (Wiranto) masih dalam proses konfirmasi. Mudah-mudahan beliau mau datang untuk bersilaturahmi sesuai waktu yang dijadwalkan,” kata Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tersebut. (ns)