UIN Jakarta Buka Pendaftaran Wisuda Online

wisudaGd. Akademik, BERITA UIN Online— Bagian Akademik UIN Jakarta membuka pendaftaran wisuda secara online. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studi untuk selanjutnya mengikuti wisuda.

Demikian disampaikan kepala bagian akademik UIN Jakarta, Ir. Yarsi Berlianti kepada tim Berita UIN Online, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (07/04). “Hal ini dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa dan sivitas akademik UIN Jakarta,” ujarnya.

Ditambahkan Yarsi, selain untuk mempermudah pendaftaran wisuda bagi mahasiswa, layanan daftar wisuda online ini juga agar manajerial dan dokumentasi lebih tertata dengan rapi.

Tata cara mendaftar wisuda online

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi dan melengkapi persyaratan untuk dapat mengikuti wisuda, dapat mendaftarkan diri sebagai peserta wisuda dengan membuka laman www.ais.uinjkt.ac.id. Kemudian membuka menu “pendaftaran wisuda” apabila jadwal pendaftaran wisuda sedang dibuka dan kuota masih tersedia.

Pada saat mendaftar wisuda di AIS, mahasiswa diwajibkan melengkapi dan memperbaiki seluruh biodata diri yang terdapat di AIS (terutama nama dan tempat tanggal lahir), membaca judul skripsi secara lengkap dan teliti (apabila ada kesalahan segera tuliskan pada kolom yang disediakan), meng-upload foto berwarna sesuai dengan ketentuan, meng-upload scan ijazah terakhir (untuk mahasiswa S1 maka scan ijazah SMA), memantau status pendaftaran wisuda di AIS, sampai statusnya dinyatakan valid sekurang-kurangnya 3 hari setelah mendaftar.

Selanjutnya, setelah mendaftarkan diri sebagai peserta wisuda, mahasiswa akan mendapatkan tiga status pendaftaran. Diajukan, status diberikan kepada seluruh pendaftar. Ditunda, status dimana terdapat kesalahan foto atau scan ijazah yang telah di-upload, dan valid apabila seluruh data telah lengkap dan sesuai ketentuan.

Kemudian, empat hari setelah mendaftarkan diri dengan peroleh status valid, maka akan mendapatkan nomor kursi wisuda, ukuran toga, dan name tag yang tertera pada bukti pendaftaran wisuda yang sebelumnya harus dicetak terlebih dahulu serta dibawa pada saat gladi resik dan pengambilan ijazah serta transkip nilai.

Terakhir, pada hari kelima, bagi pendaftar berstatus valid, diwajibkan menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing satu lembar kepada fakultasnya masing-masing. (NJS/LRF)