UIN Jakarta Bertekad Tingkatkan Kontribusi Sosial

RSU, BERITA UIN Online— Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat merupakan tiga hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan di perguruan tinggi. UIN Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi negeri Islam terbesar dan tertua di Indonesia harus bisa memberikan kontribusi sosial yang nyata bagi masyarakat.

Demikian disampaikan rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA saat memberikan sambutan pada penandatanganan kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Kamis (31/03) di Ruang Sidang Utama (RSU), Gedung Rektorat lantai 2.

“UIN Jakarta sebagai part of society harus mampu mensinergikan ilmu pengetahuan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Sebagai perguruan tinggi berbasis agama, UIN harus memberikan manfaat bagi peradaban masyarakat,” paparnya.

ditambahkannya, keberadaan UIN Jakarta di Kota Tangerang Selatan harus bisa memberikan perubahan corak berpikir, mindset dan attitude masyarakat, apalagi saat ini Indonesia dihadapkan dengan adanya pasar regional Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tidak dapat dihindari.

“Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini satu hal yang imajinatif tapi nyata, untuk itu kita harus bisa mengajak masyarakat untuk berpikir lebih luas/global dalam menghadapi persaingan regional ini,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany SH M.Kn. M.H. mengatakan, keterlibatan perguruan tinggi dalam hal ini UIN Jakarta sangat dibutuhkan mengingat outputnya akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Penandatanganan MoU antara Pemkot Tangsel dengan UIN Jakarta dengan durasi tanpa batas ini menegaskan, bahwa kehadiran UIN Jakarta di Kota Tangerang Selatan sangat dibutuhkan. Saya berharap bisa bersama-sama bersinergi untuk mencapai visi misi pemerintah kota tangsel kedepan menuju masyarakat yang cerdas, berkualitas, berdaya saing yang berbasis teknologi dan inovasi” paparnya. (NJS)