UIN Jakarta Akan Bangun Gedung Perkuliahan Baru

159

Konsep rencana pembangunan gedung perkuliahan baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta dengan sumber anggaran dari Sukuk Negara atau Surat Berharga Syariah Negara.

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Setelah berhasil membangun gedung untuk perkuliahan Fakultas Adan dan Humaniora di Jalan Tarumanegara, Pisangan, Ciputat Timur, UIN Jakarta kini berencana akan kembali membangun gedung perkuliahan baru. Gedung yang dibangun akan berdiri di kawasan kompleks perumahan dosen di kampus 2, persis di depan gedung Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.

Rencana tersebut mengemuka saat digelar paparan konsep pembangunan gedung baru di depan pimpinan UIN Jakarta oleh perusahaan konsultan perencana PT Yodya Karya (Persero) di gedung Rektorat, Kamis (13/4/2017). Hadir dalam presentasi itu Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof Dr Abdul Hamid, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Ali Mufraeni, dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Drs Subarja MPd.

Gedung baru yang akan dibangun berdiri di atas lahan milik UIN Jakarta seluas 7.500 meter persegi. Tingginya antara 5-6 lantai dengan konsep arsitektur modern dan menggunakan konsep green building. Kelak, gedung baru tersebut akan dipergunakan bagi perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Sumber dana pembangunannya berasal dari Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN) Kementerian Agama tahun Anggaran 2017 sebesar Rp 41 miliar,” kata Abdul Halim, Kepala Sub Bagian Rumah Tangga.

Gedung perkuliahan baru direncanakan dapat menampung sekitar 1.500 mahasiswa. Selain ruang perkuliahan, bangunan juga akan dilengkapi sarana parkir, perkantoran, ruang dosen, dan kamar mandi serta mushala.

“Insya Allah, pembangunan gedung akan dimulai antara bulan Mei-Juni mendatang,” ujar Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Dr Agus Budiono. (ns)