Tingkatkan Kualitas; PPB Gelar Dua TOT

tot-english-2015Gd. PPB, Berita UIN Online— Dalam rangka peningkatan kualitas sistem pengajaran di lingkungan UIN Jakarta, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) menggelar dua Training of Trainers  (TOT), Senin-Selasa (23-24/11). Acara yang bertempat di Gedung Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Cinangka, Depok, mengambil tema Internasional English Language Testing System dan Menakar Penerapan Model Content and Language Integrated Learning (CLIL) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Siti Nurul Azkiyah Ph.D menyampaikan, kegiatan TOT ini dimaksudkan untuk meningkatkan skill tim pengajar bahasa, baik bahasa Inggris maupun Arab, terutama dalam konteks cara mengajarkan bahasa Inggris dan Arab yang efektif dan efisien.

“Oleh karena itu, TOT kali ini sengaja mengundang trainer yang betul-betul kompeten di bidangnya, sehingga mampu memberikan wawasan baru demi kemajuan pendidikan di UIN Jakarta,” paparnya.

Hadir sebagai narasumber TOT bahasa inggris dari IALF Jakarta Ms. Kat Paterson, adapun narasumber TOT bahasa Arab adalah Guru Besar bahasa Arab dari Universitas Negeri Jakarta Prof Dr Emzir M.Pd.

Informasi yang didapat tim Berita UIN Online menyebutkan, kegiatan TOT ini berjalan lancar dan secara antusias diikuti 60 peserta di masing-masing kkonsentrasi Bahasa. Seperti halnya disampaikan Koordinator Bahasa Inggris Yenny Rahmawati M.Ed, “Materi yang disampaikan dalam TOT kali ini antara lain, skill speaking, writing listening dan reading. Diakhir pelatihan dilakukan test practice IELTS (reading dan listening),” paparnya.

Sementara itu, untuk TOT Bahasa Arab, menurut Mukhshon Nawawi MA, materi yang disampaikan adalah tentang desain pembelajaran bahasa model  Content and Language Integrated Learning  (CLIL), pengembangan bahan ajar dalam CLIL, strategi pembelajaran CLIL dan pengembangan alat penilaian dalam CLIL.

(Laporan Syahirul Alim/ LRF)