Tim Nasyid UIN Jakarta Juarai Lomba Tingkat Nasional

Tim Nasyid Avuntu saat menjuarai Ihtifal Nasional di Universitas Al Azhar Indonesia

Tim Nasyid Avuntu berfose sesaat setelah mengikuti perlombaan pada Ihtifal Nasional di Universitas Al Azhar Indonesia 2015

Jakarta, Berita UIN Online—Tim NasyidUIN Jakarta (Avuntu yang berarti hiburan (b. Turki)), mendapat penghargaan kategori persembahan terbaik pada Pekan Ihtifal Institusi Pengajian Tinggi (IPT) se-ASEAN dan Konvensyen Pendakwah Muda Antar Bangsa 2015 yang diselenggarakan di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Nilai Negeri Sembilan Malaysia,Kamis-Senin (20-24/08).

Demikian disampaikan Official Nasyid Fitra Romadhona S.pd saat Avuntu mengikuti lomba  Nasyid di Malaysia. Ia menambahkan, “lomba tersebut diikuti oleh  utusan dari beberapa universitas di dalam dan luar negeri, dari dalam negeri antara lain UIN Jakarta dan Universitas Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, dan utusan lain yang berasal dari Malaysia, Singapura , dan juga Brunei Darussalam,”paparnya.

Ia menambahkan, untuk kontingen nasyid UIN Jakarta, kali ini mendapat penghargaan juara pertama untuk kategori persembahan terbaik, sedangkan terbaikumum I, 2, dan 3 diraih oleh Perguruan Tinggi yang berasal dari Malaysia.

Tidak berhenti disana, pada “Festival Arabia 2015”  yang diselenggarakan oleh Universitas Al Azhar Indonesia,Jum’at (18/09),tim Nasyid UIN Jakarta menyabet juara terbaik 1 tingkat nasional,dan pada akhirnya UIN Jakarta mendapatkan Juara Umum setelah Cabang Tahfiz 5 Juz dan Cabang Kaligrafi mendapatkan juara ke-2.

Sebagai bahan informasi, Avuntu adalah group nasyid yang berdiri tahun 2013, beranggotakan enam  mahasiswa dari beberapa fakultas di UIN Jakarta. Ke-enam anggota Avuntu tersebut antara lain, Wahyu Agustian Agan (Pendidikan Bahasa Arab-FITK), Muazir Mustaqim Bunis (Pendidikan Bahasa Arab-FITK), Asnawi Rija (Pendidikan Bahasa Arab-FITK), Ariz Nandar (Pendidikan Kimia-FITK), Alvan Ridwan (Ilmu Hukum-FSH) dan TB. Akbar Al Qadly (Bahasa Sastra Arab-FAH).

Salah satu anggota Avuntu Wahyu Agustian Agan saat ditemui Berita UIN Online memaparkan, “Alhamdulillah Avuntu telah menjuarai beberapa perlombaan nasyid yang diselenggarakan di dalam dan luar kampus, juga nasional, di bulan Maret 2016 Avuntu akan mengikuti kejuaraan nasyid di Islamic Book Fair Senayan,” paparnya.

Senada dengan Agan, Muazir Mustaqim Bunis salah satu anggota avuntu dan Amy Rahmadania Bendahara Umum Himpunan Qori dan Qori’ah (HIQMA) mengatakan, “Kami berharap UIN Jakarta mampu mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di beberapa bidang keahlian baik dibidang umum maupun agama, diantaranya nasyid, tahfidz, dan lainnya, karena dengan kami menjuarai beberapa lomba secara tidak langsung mempromosikan kampus UIN Jakarta kepada masyarakat nasional dan internasional, serta mampu menarik siswa untuk kuliah di UIN Jakarta,” harap keduanya. (LRF)