Temukan Sumber Informasi UIN Jakarta dengan One Search

One Search UIN JakartaGedung Rektorat, BERITA UIN Online– UIN Jakarta telah membuat One Search pada level UIN Jakarta (http://onesearch.uinjkt.ac.id) yang memungkinkan sivitas akademik UIN Jakarta mencari sumber-sumber informasi yang ada di UIN Jakarta melalui satu pintu atau Search Engine.

Demikian isi Surat Edaran Rektor UIN Jakarta yang disampaikan untuk para Dekan Fakultas, para Ketua Lembaga, Kepala Perpustakaan Utama, Kepala Pusat Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda), Pengelola Repository, para Kepala Perpustakaan Fakultas dan para Pengelola Jurnal pada 28 Desember 2016.

Selanjutnya dalam surat tersebut diuraikan, One Search UIN Jakarta telah terintegrasi dengan portal Indonesia One Search (http://onesearch.id) milik Perpustakaan Nasional dan telah menempati posisi ke-11 sebagai universitas dengan database terbanyak.

Database yang telah terintegrasi tersebut di ataranya adalah database OPAC (Online Public Access Catalogue) perpustakaan, Repository UIN Jakarta dan database Open Journal System.

Jumlah database yang terintegrasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk mendorong terciptanya budaya dan suasana akademik yang dapat meningkatkan outlook kampus UIN Jakarta.

Terkait hal tersebut, Rektor UIN Jakarta menghimbau para dekan di lingkungan UIN Jakarta untuk mendukung kegiatan tersebut dengan tigal hal, pertama melengkapi OPAC perpustakaan di fakultas masing-masing dengan sistem Open Access Initiative (OAI) PMH agar dapat dilinkkan dengan One Search UIN Jakarta.

Tercatat dari data yang masuk, baru tiga fakultas yang sudah ngelink dengan One Search UIN Jakarta, yaitu OPAC Perpustakaan Utama, OPAC Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), dan OPAC Fakultas Ushuludin.

Kedua, setiap fakultas diminta untuk membuatkan akun Opel Journal System (OJS) untuk setiap jurnal yang masih diterbitkan dalam bentuk tercetak.

Terakhir, pihak fakultas melakukan koordinasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Pustipanda dalam proses registrasi dan integrasi ke One Search UIN Jakarta dan Indonesia One Search. (mf)